Teknik Informatika UNPAS - TERBAIK.!
Teknik Informatika UNPAS - TERBAIK.!

Mengenal Apa itu Teknik Informatika dan Bagaimana Prospek Kerja Kedepannya

Jurusan yang dianggap menghasilkan orang serba bisa

Walaupun sudah banyak penjelasan-penjelasan yang cukup rinci tentang apa itu Teknik Informatika namun tetap saja banyak orang yang masih belum menyadari sebenernya apa sih Teknik Informatika itu.

Kebanyakan orang sering tertukar antara istilah Teknik Informatika, Teknik Komputer, dan Sistem Informasi. Beberapa orang malah menyamakan semua istilah tersebut dan menjadikannya patokan jika semua ilmu komputer itu sama semua.

Bagi kalian yang saat ini sedang menjalani masa pendidikan di jurusan teknik informatika atau mencari jurusan yang berhubungan dengan teknik informatika maka artikel ini akan cukup membantu karena jangan sampai kita salah masuk jurusan hanya gara-gara istilah yang kita tak tahu definisinya.

Jurusan Teknik Informatika merupakan salah satu jurusan pendidikan tingkat perguruan tinggi yang mempelajari serta menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisis matematis dalam perancangan, pengujian, pengembangan, dan evaluasi sistem operasi, perangkat lunak (Software), dan kinerja komputer.

Jika definisi tersebut membingungkan kalian maka satu hal yang perlu kalian tanamkan dalam benak kalian adalah jika masuk jurusan Teknik Informatika maka kalian akan berkutat dengan pekerjaan yang namanya Ngoding atau Programming. Merancang dan membangun perangkat lunak seperti aplikasi desktop, aplikasi web, bahkan mobile itulah gambaran kegiatan yang akan dilakukan di jurusan Teknik Informatika.

Tapi jika kalian jago dalam hardware namun sudah terlanjur masuk jurusan Teknik Informatika bukan berarti kalian salah masuk jurusan, karena kebanyakan jurusan Teknik Informatika seperti Prodi Teknik Informatika mengajarkan bidang lain seperti hardware, jaringan, manajemen, dsbnya. Jadi jangan khawatir.

Prospek kerja lulusan Teknik Informatika kedepannya bagaimana ?

Semua lulusan Teknik Informatika memiliki prospek kerja yang sangat banyak, seperti :

  1. Programmer
  2. System analyst
  3. Konsultan
  4. Security architect
  5. dll

Peluang kerja diatas adalah 4 dari banyaknya karir dalam Teknik Informatika yang dapat kalian tuju setelah lulus maupun saat kalian masih menjadi mahasiswa. Untuk saat ini kalian tidak perlu khawatir besuk mau kerja apa karena hampir semua bidang pekerjaan baik saat ini maupun di masa depan membutuhkan tenaga IT.

Prospek kerjanya besar terus peminatnya besar juga, kalau nggak dapet kerja gimana ?

Sekali lagi jangan khawatir, berkaca dari cara belajar di Teknik Informatika UNPAS yang menuntut mahasiswanya untuk membentuk tim dalam menyelesaikan masalah, menjadikan alumni Teknik Informatika UNPAS dapat bekerja mandiri dengan membuat sebuah perusahaan Startup.

Selain itu mahasiswa Teknik Informatika UNPAS juga mampu bersaing di dunia kerja bukan karena sifat mahasiswa tersebut yang tidak mau kalah namun di Prodi Teknik Informatika sering memberikan dorongan kepada mahasiswanya untuk tangguh dalam menghadapi dunia kerja nanti.

Jika kalian masih khawatir tentang jenjang karir maka lebih baik kalian mantabkan pekerjaan seperti apa yang ingin kalian tuju, banyak yang bilang jika mahasiswa atau alumni Teknik Informatika itu serba bisa, jangan di biasakan ya guys untuk menerima pujian tersebut.

Serba bisa disini bukan berarti kalian capek-capek kuliah Teknik Informatika tapi ujung-ujungnya jadi tukang reparasi printer. Tidak salah namun kalian bisa lebih dari itu maka dari itu ,sangat penting untuk menentukan pekerjaan apa yang menjadi target kalian di masa depan dan belajar dengan serius dan tekun, kuasai materi-materi yang berhubungan dengan pekerjaan yang sudah kalian targetkan. Dengan begitu secara tidak langsung kalian mengurangi rasa takut kalian atas pertanyaan “Kalau lulus mau kerja apa..?”

Source :

https://www.teknik.unpas.ac.id/blogs/mengenal-jurusan-teknik-informatika/

Leave a Reply