Teknik Informatika UNPAS - TERBAIK.!
Teknik Informatika UNPAS - TERBAIK.!

Pengertian dan Manfaat Google Tag Manager dalam Strategi Digital Marketing

Teknik Informatika UNPAS Bandung – Banyak tools yang ditawarkan oleh google dalam melakukan digital marketing menggunakan media web seperti google ads, google analytic, google trend, hingga google tag manager.

Membahas tentang Google Tag Manager, tools tersebut termasuk yang paling jarang diketahui oleh digital marketer pemula, namun tools ini sangat akrab dikalangan digital marketer handal karena fitur serta fungsinya yang sangat dibutuhkan untuk digital marketing.

Apa Itu Google Tag Manager ?

Google Tag Manager(GTM) adalah sistem pengelolaan tag yang memungkinkan kamu dengan cepat dan mudah memperbaharui kode pelacakan dan fragmen kode terkait yang seara keseluruhan dikenal sebagai “Tag” pada web atau aplikasi.

Google Tag Manager(GTM) merupakan tool gratis yang disediakan oleh google dan sangat cocok digunakan bersamaan dengan google analytics. Saat GTM diinstal maka kamu sebagai pengelola web dapat menyiapkan tag pelacakan, menetapkan pemicu yang menyebabkan tag aktif serta membuat variabel yang digunakan untuk menyederhanakan dan otomatisasi konfigurasi tag.

Secara penggunaan, GTM cukup simple untuk digunakan karena kamu hanya mengatur 3 hal saja yakni tag, pemicu (triger), dan variabel saja. Bahkan secara default GTM juga telah menyediakan pilihan tag yang bisa langsung kamu gunakan, seperti tag untuk melacak jumlah pengunjung yang telah klik tombol login dsbnya.

Manfaat Google Tag Manager

  1. GTM Tidak Perlu Pengetahuan Tentang Code

Google Tag Manager memungkinkan user untuk menerapkan tag tanpa perlu mempunyai pengetahuan tentang coding. User Interface yang ramah memungkinkan user untuk mengedit, menambahkan, dan menghapus code tracking tanpa perlu bantuan pengembang website.

  1. Semua Tag dikelola disatu tempat

Pada Google Tag Manager , semua tag dikelola pada satu tempat sehingga memudahkan user bila ingin memperbaharui atau mengubah tag.

  1. Fitur Debug

Fitur debug bawaan GTM memungkinkan user untuk menguji dan mendebug setiap pembaharuan website sebelum dipublikasikan, untuk memastikan bahwa tag berjalan dengan baik sebelum dipublikasikan.

  1. Fitur Tracking

Fitur Tracking memungkinkan user untuk mengetahui kegiatan pengunjung seperti klik, video engangement , dan pengiriman formulir. Fitur otomatis Tracking Google Tag Manager menghilangkan kebutuhan untuk menandai secara manual setiap tautan yang ingin di tracking.

  1. Izin Pengguna dan Manajemen

Google Tag Manager memudahkan untuk mengatur izin untuk pengguna individu maupun manajemen dan mengontrol secara internal siapa saja yang memiliki kemampuan untuk membuat perubahan pada situs web dan membantu membuat tag, aturan dan makro.

  1. Berfungsi Bersamaan Dengan Google Analytics

Google Tag Manager memungkinkan user untuk memasang implementasi dasar Google Analytics melalui Google Tag Manager. GTM memberikan user template tag yang didalamnya terdapat semua opsi penerapan Google Analytics.

Google Tag Manager  memiliki potensi untuk melacak jumlah situs web dan aktivitas pemasaran digital, tetapi ada beberapa yang umum digunakan oleh banyak orang yaitu :

  • Download
  • Scrolls
  • Form
  • Videos
  • Click

Source

https://dynomapper.com/blog/21-sitemaps-and-seo/476-what-is-google-tag-manager-and-how-does-it-work

https://www.orbitmedia.com/blog/what-is-google-tag-manager-and-why-use-it/

https://www.analyticsmania.com/post/reasons-why-you-should-use-google-tag-manager/

https://evolve-systems.com/what-does-google-tag-manager-do-the-benefits-of-google-tag-manager-and-what-to-track/

https://www.ironpaper.com/webintel/articles/8-benefits-google-tag-manager

Leave a Reply