Teknik Informatika UNPAS - TERBAIK.!
Teknik Informatika UNPAS - TERBAIK.!

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka baru saja diluncurkan, Senin 12 April 2021. Mengutip dari sumber liputan6.com Direktur Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kemendikbud, Nizam menerangkan bahwa program ini merupakan satu bentuk usaha dari pihaknya guna membangun pemahaman para mahasiswa terhadap berbagai budaya di Tanah Air.

Mahasiswa diberikan kesempatan selama satu semester untuk meninggalkan kampusnya dan mengeksplorasi keragaman budaya dan keragaman makanan, keragaman tarian, seni. Dan mempunyai sahabat baru, saudaram keluarga asuh ditempat pertukaran mahasiswa tersebut, ujar Nizam dalam peluncuran program tersebut.

Program pertukaran ini tentunya memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk bisa mengenal lebih banyak budaya dari sudut lain, mempunyai beragam pengalaman dan memperluas relasi. Mahasiswa yang mengikuti program ini tetap melaksanakan perkuliahan dengan cara mengambil mata kuliah di kampus tempat tujuan pertukaran pelajar. Program pertukaran mahasiswa ini tidak hanya bisa dilakukan oleh kampus yang sama dalam satu kota, tapi bisa juga dilakukan antar pulau. Banyak SKS yang diambil adalah 20 SKS.

Dalam akun instagram ditjen.dikti Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka ini memiliki tujuan menumbuhkan rasa cinta mahasiswa terhadap keberagaman budaya tanah air, menunjang penguatan kompetensi yang bisa menjadi bekal berharga bagi karier mahasiswa di masa mendatang, dan mempersiapkan para mahasiswa untuk menjadi calon pemimpin bangsa di masa depan dan juga mengabdi terhadap bangsa dan negara. Selain itu, dosen dan perguruan tinggi pun akan dapat berbagai keuntungan salah satunya adalah bagi dosen akan mendapatkan sertifikat penghargaan, sedangkan untuk perguruan tinggi salah satunya adalah membuka kesempatan mendapatkan biaya pengelolaan program.

Akun instagram  ditjen.dikti pun menjelaskan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka dapat diikuti oleh mahasiswa dari semester 3 hingga semester 8, memungkinkan terjadinya pertukaran mahasiswa antarpulau baik dari PTN ke PTS maupun sebaliknya, perguruan tinggi wajib memberikan konversi dan pengakuan sistem kredit semester (SKS) sebanyak 20 SKS bagi mahasiswa yang mengikuti program ini, dan mahasiswa akan mengeksplorasi keragaman kebudayaan Indonesia melalui modul Nusantara.

Program ini ditargetkan untuk diikuti 20.000 mahasiswa pada semester ganjil tahun akademik 2021/2022. Program untuk dosen dan perguruan tinggi sudah dibuka mulai hari ini, 19 April 2021 – 18 April 2021. Sedangkan untuk pendaftaran Mahasiswa akan diselenggarakan pada bulan Juli 2021.

Bagi teman-teman Teknik Informatika UNPAS yang berminat, kalian bisa cari tahu informasi mengenai program Pertukaran Mahasiswa Merdeka ini di https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/program/pertukaran-pelajar, di instagram ditjen.dikti, atau di instagram pertukaranmahasiswamerdeka, ataupun kalian bisa menonton video peluncuran pertukaran mahasiswa merdeka di Youtube Official KEMENDIKBUD RI. Yuk persiapkan diri kalian untuk mengenaal Indonesia lebih luas lagi.

Leave a Reply