Teknik Informatika UNPAS - TERBAIK.!
Teknik Informatika UNPAS - TERBAIK.!

Tips membeli Hardisk External yang tepat sesuai Kebutuhan

Rata-rata kapasitas Hard disk pada laptop saat ini sudah lebih dari 1 TB (Terabita), namun resiko penyimpanan penuh selalu saja terjadi, apalagi jika kita tidak bisa mengatur penyimpanan Hard disk laptop atau komputer kita.

Belum lagi saat ini mayoritas laptop yang di jual di pasaran sudah menggunakan SSD (Solid State Drive), dengan kapasitas SSD yang kecil kemungkinan memori penuh semakin besar, dan jika kita ingin upgrade SSD kita akan dihadapkan dengan harga yang fantastis, lalu bagaimana solusinya ?

Beli saja Hard disk external, gitu aja repot. Memang sih Hard disk external bisa menjadi solusi terbaik yang dapat kita ambil daripada harus upgrade SSD atau ganti Harddisk internal yang harus mengorbankan hardisk internal kita sebelumnya bagi pengguna laptop.

Tapi ada beberapa hal yang harus kita waspadai saat ingin membeli Hard disk external, berbagai masalah muncul jika kita asal membeli Hard disk external tanpa mengetahui resiko membeli Hard disk external yang tidak sesuai dengan kebutuhan kita. Berikut tips dalam membeli Hard disk External.

  1. Tentukan Kapasitas penyimpanan Hardisk External yang dibutuhkan

Kapasitas Penyimpanan Hardisk yang beragam serigkali membingungkan kita dalam menentukan kapasitas mana yang sesuai dengan kebutuhan.

Bahkan banyak yang menyimpulkan jika saat membeli hard disk itu lebih besar lebih baik, jadi gak perlu banyak mikir. Jika budget yang di keluarkan sesuai dengan harga kapasitas Hard disk paling besar tidak akan jadi masalah.

Namun jika tidak sesuai pasti akan bingung juga, biasanya hard disk 500GB berkisar antara 600 ribu sampai 700 Ribu. dan untuk hard disk 1 Tera berkisar 700 Ribu hingga 1 Juta dst.

Harga tersebut tergantung merk dan fitur yang ada pada hard disk tersebut, dan sering kali kita bingung untuk memilih kapasitas hard disk karena selisih harga yang tidak terlalu jauh.

  1. Perhatikan Fitur yang ada pada Harddisk External

Semakin banyak fitur yang menempel pada Hard disk external maka semakin mahal pula harga Hard disk tersebut. Fitur seperti Backup, Password Protection, hingga dari sisi hardware seperti penggunaan kabel usb 3.0

Perhatikan fitur tersebut, jika data yang akan disimpan sangat fatal jika sampai hilang maka auto backup menjadi fitur wajib yang harus ada jika data yang tersimpan bersifat rahasia maka password protection menjadi fitur wajib yang harus ada.

  1. Merk Hardisk

Merk apapun terserah yang penting sama-sama hard disk external, pemahaman inilah yang selalu di pakai jika kita asal membeli hard disk saat walaupun fitur dan harga sudah cocok.

Merk hard disk sangatlah penting untuk di masukkan dalam daftar pertimbangan dalam membeli hard disk external, seperti garansi pada hard disk external yang beragam tergantung merk.

Masih banyak Tips yang dapat kita lakukan dalam memilih dan membeli hard disk external, namun dari ketiga tips diatas sudah cukup mewakili seseorang untuk membeli hard disk, tidak perlu memikirkan banyak hal seperti melihat kapasitas cache hingga rotasi hard disk.

Jika ketiga tips diatas sudah terpenuhi bisa di pastikan bahwa pilihan hard disk yang akan kalian beli sudah sesuai dengan kebutuhan kalian.

Leave a Reply