Trend Digital Marketing di Era Technology

Trend Digital Marketing di Era Technology

Oleh : Acep Hendra, ST.

 

Digital Marketing, dua kata yang menjadi Viral saat Internet Merajalela. Digital Marketing dikenal pesat seiring dengan Banyaknya Startup-startup Digital dan Market place-market place di dunia maya tersebut. Di Indonesia, trend digital marketing yang paling berpengaruh dan banyak digunakan oleh para pebisnis ialah teknik social media marketing, mobile marketing dan content marketing.

Sampai saat ini, social media masih menjadi raja digital marketing di Indonesia. Hal ini sejalan dengan jumlah pengguna social media Facebook, yang terbanyak adalah dari Indonesia. Setelah Facebook, social media yang marak digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah Instagram. Posisi ketiga diduduki oleh YouTube sebagai social media yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indoneisia. Selain itu, isi pesan yang diposting di social media juga harus diperhatikan. Itulah mengapa banyak strategi pemasaran yang memanfaatkan tiga saluran ini sebagai upaya menjangkau konsumennya. Permainan kata dan tulisan ini yang akan menjadi Kunci keberhasilan dalam Digital Marketing. Ilmu ini yang menadi media selanjutnya, yakni dikenal dengan Konten Marketing. Konten Marketing berkaitan erat dengan SEO (Search Engine Optimazier). SEO ini yang akan mengarahkan Konsumen ke Market Kita atau Etalase Kita. Etalase dalam Digital dikenal dengan Website atau Toko Online. Sama halnya dengan Toko Offline pada Umumnya, disinilah kita menjajakan barang Dagangan sebagai Display Barang yang dijual.

Facebook  Fanspage/Halaman merupakan Etalase bisnis Gratis yang disediakan oleh Facebook untuk Berjualan Online. Teman saya jualan di facebook, ya facebook yang menurut hasil salah satu riset merupakan platform sosial teraktif nomor 1 di Indonesia. Teman saya belum seminggu akif difacebook page nya, tapi jumlah like nya bisa langsung 500 lebih, nggak cuma like aja, tapi aktivitas jual beli nya juga lancar, barang-barang yang di offer laris manis hampir tiap hari. Kok bisa ya? Setelah saya perhatikan, ada beberapa faktor yang mendukung ‘kesuksesan’ facebook page nya itu:, yaitu:

  1. Ikut Facebook Group. 

  2. Aktif di Facebook Group

  3. Respon Yang Cepat

  4. Gambar Yang Menarik 

  5. Packing Yang Rapih

  6. Proses Pengiriman Yang Cepat

Selain, itu ada cara instan yakni dengan mendaftarkan bisnis Anda atau Fage Anda  di Facebook Ads. Memang Berbayar tapi cukup Murah. Kemudian Buat beberapa Promosi.

Sementara itu yang dapat saya Share, Artikel ini akan menjadi seri bersambung di Artikel selanjutnya.

Selamat Belajar Bara Pengusaha Muda.