Trend Digital, Ulasan Aplikasi yang meringankan aktivitas harian

Trend Digital, Ulasan Aplikasi yang meringankan aktivitas harian

Oleh : Annisa Amelia Putri

Perkembangan teknologi dewasa ini menjadi trend yang sangat membumi, perkebangan dari semua lini seakan tidak dapat di bendung oleh para pelakunya, tinggal bagaimana kita ikut andil dalam trend tersebut. Di era global yang serba canggih ini, kita di tuntut serba extra dalam memanfaatkan fasilitas dengan dalih efisien dan efektif, maka ketika kita turut menikmati dan merasakan perkebangan dari setiap perubahan itu seakan kita menjadi sosok yang malas.

Perubahan era konvensional ke era digital memang sedikit membuat orang mengabaikan hal-hal yang kecil namun terkadang membuatnya menjadi masalah yang sangat besar. Dulu, kita sering menuliskan curhat kita pada buku “DIARY”, sekarang banyak orang menuliskan curhatnya di MEDSOS atau BLOG Pribadi. Dulu, kita sering bawa Buku Agenda untuk menuliskan Jadwal dan Kegiatan Kita serta sedikit notes dari cerita-cerita yang kita dapatkan, sekarang cukup membawa Smartphone atau Tablet dan beberapa aplikasi pendukung yang tertanam didalamnya. Hampir di setiap bidang pekerjaan perubahan itu terjadi. Didunia pendidikan misalnya, banyak aplikasi yang dapat membantu dosen dan mahasiswa dalam mengerjakan dan menjadwalkan beberapa aktivitas sehari – hari. Nah, berikut ini beberapa contoh aplikasi yang dapat membantu aktivitas dan kegiatan kita :

  1. To-Do List & Task

Jika Anda termasuk orang yang pelupa, maka anda perlu mendownload aplikasi ini di smartphone yang anda miliki. To-Do List dapat digunakan untuk mencatat tugas-tugas, kegiatan, PR dan jadwal sehari-hari yang kemungkinan anda lupa untuk melakukannya. Pada Aplikasi ini, anda dapat membuat sebuah daftar kegiatan yang ingin di lakukan, dan To-Do List dapat mengingatkan.

 

  1. Dropbox

Sering lupa membawa USB Flash/Flash Disk yang berisi tugas penting atau tugas kuliah….??? Nah, untuk mengatasi kejadian seperti itu anda dapat menyimpan tugas dan data-data didalam dropbox, dan anda dapat langsung mengunduh di Smarphone yang anda miliki kapan anda membutuhkan untuk mengakases data tersebut. Selain dropbox anda juga dapat menggunakan 4shared.

 

  1. WPS Office

Sebagai mahasiswa, kamu terkadang harus presentasi dan memaparkan hasil pengamatan yang kamu lakukan, dan pastinya kamu harus membuka dokumen dari Word, Excel, sampai Powerpoint. Jika ingin membuka itu semua biasanya kamu harus membukanya di laptop, tapi jika kamu malas membawa laptop kemana-mana, kamu bisa mendownload WPS Office di handphone kamu. Aplikasi ini dapat membantu kamu dalam mengedit, membaca, dan membuat laporan, sehingga kamu tidak perlu repot-repot membawa laptop kemana-mana. It’s Easy..!

  1. Google Drive

Produk jebolan Google ini tidak jauh berbeda dengan dropbox, hanya ada beberapa perbedaan antara dropbox dan Google Drive. Yang pertama storage space, pada Google Drive berkapasitas 5 GB, sedangkan dropbox hanya 2 GB. Yang kedua dari sisi keamanan, Google Drive sudah memberikan perlindungan ekstra dengan 2 langkah perlindungan. Misalnya, jika seseorang berhasil mendapat username dan password yang kita miliki, maka orang tersebut masih belum dapat mengakses file yang kita miliki, dan fitur keamanan ini belum dimiliki oleh dropbox.

  1. Duolingo

Dijaman sekarang hampir semua perusahaan pasti menginginkan karyawannya mahir dalam bahasa asing. Banyak literatur atau bahan kuliah juga menggunakan bahasa luar seperti Baha Inggris dan bahasa lainnya. Nah, daripada repot-repot mengikuti kursus yang mahal, atau membawa kamus yang tebal, kini cukup dengan mengunduh aplikasi Duolingo anda sudah dapat menikmati alih bahasa yang cukup baik. Aplikasi ini menyediakan pembelajaran tertulis maupun dengan suara, ada juga praktek berbicara untuk pengguna yang lebih berpengalaman.

Nah, itu beberapa ulasan aplikasi yang dapat membantu aktivitas sehari-hari. Selain ulasan diatas banyak aplikasi serupa yang beredar di Internet dan digunakan. Anda bisa memilih aplikasi yang sesuai dengan kenyamanan dan kebutuhan Anda. So, manfaatkan setiap fasilitas dengan sebaik-baiknya dan kalo bisa jangan hanya menjadi pengguna, jadilah perancang dan pembuat aplikasi yang dapat membantu kegiatan dan aktivitas banyak orang.

Jadilah bagian dari peradaban digital. Salut Informatika.