Membuat Website Sederhana dengan CMS WordPress

Membuat Website Sederhana dengan CMS WordPress

Oleh Mita Fauzia

 

Postingan kali ini, kita akan sedikit mengulas tentang tools CMS wordpress.

Apa sih WordPress itu? Kegunaannya apa saja? Bagaimana cara kerjanya ?

Jadi, WordPress itu secara garis besarnya adalah salah satu media untuk membuat website. Bisa itu berupa blog pribadi, situs perusahaan, situs pendidikan, dan bahkan untuk situs berjualan seperti onlineshop atau dikenal dengan istilah E-Commerce.

Kita ulas sejarahnya dulu yah, WordPress muncul pertama kali pada tahun 2003  sebagai pengembangan dari aplikasi blog b2/cafelog oleh Matt Mullenweg dan Mike Little. Nah, yang bikin WordPress semakin terkenal itu selain dari fitur dan tampilannya kece a.k.a menarik, jadi wordpress ini punya dukungan terhadap perangkat lunak open source untuk blog.

Awalnya, WordPress itu berfokus pada blog pribadi yang mana kontennya di urutkan berdasarkan kronologisnya. Namun, kini seiring perkembangannya kita bisa membuat aplikasi CMS yang dapat di gunain untuk membuat situs online shop, profil perusahaan, situs pendidikan, dll.

Gimana sih cara kerja WordPress?

Pada dasarnya WordPress itu adalah kumpulan dari ribuan kode program PHP. Yang mana ketika pengunjung mengakses web kita, maka kode program ini akan di proses web server kemudian menghasilkan kode HTML untuk di kirim ke web browser client. Nah, selain memakai PHP, wordpress juga menggunakan MySQL sebagai database yang nantinya di gunakan untuk menyimpan semua artikel, komentar dan data-data yang lainnya. WordPress mendukung pengembangan online dan Offline. Sehingga, jika kalian akan menggunakan pada mode offline kalian harus menginstal web server di komputer lokal , bisa menggunakan XAMPP atau web server lainnya yang gratis.

hmm, penasaran? coba deh kamu kunjungi http://www.wordpress.com dan signin. dan inilah tampilan pertama saat kamu mengunjungi websitenya. Kamu bisa mendapatkan sebuah blog dengan nama seperti http://unpaskece.wordpress.com  secara gratis. kamu tinggal klik “mulai” yang ada di pojok kanan atas.

setelah itu tampilannya akan seperti ini. kamu akan di beri empat pilihan, situs seperti apa yang kamu butuhkan, dan kamu pilih salah satu dari keempat pilihan tersebut. kita contohkan untuk memulai dengan membuat situs blog yah.

selanjutnya kamu akan diminta untuk memberikan situs kamu sebuah alamat,

saat kamu memasukan alamat untuk sebuah situs kamu, akan ada beberapa pilihan domain. ada yang gratis dan berbayar (disini aku contohin yang gratis aja yah hehe) btw, nanti saat alamat yang kamu sarankan sudah ada yang menggunakannya secara otomatis akan di berikan alternatif lain (ya seperti kalo kita bikin username instagram lah haha)

kemudian, nanti kalian akan di berikan pilihan akan menggunakan paket yang mana. semua keterangannya sudah di sampaikan di gambar ini. and of course, aku pilih yang gratis aja.

setelah itu, kamu akan diminta untuk mengisi alamat email dan juga password.

and tadaaaaa, website kalian sudah jadi..

Setelah itu, tinggal isi web kalian dengan hal-hal yang positif dan menarik. Buat tulisan dan artikel yang dapat bermanfaat bagi orang banyak, jangan disalah gunakan untuk hal-hal yang kurang baik.  Website https://if.unpas.ac.id/ ini juga menggunakan engine WordPress loh, dengan theme yang kita buat sendiri.

Keren kan..?? Mau belajar bagaimana membuat layout di WordPress..?? dan bagaimana membuat theme wordpress..?? Tunggu tulisan berikutnya ya. Selalu update di jaringan sosmed kita ya @informatikaunpas dan selalu kunjungi situs kami https://if.unpas.ac.id/ .

Salut Informatika…!