Bagaimana Cara Menjaga Keamanan Database?

Perlu kita sadari bahwa untuk mencapai suatu keamanan itu adalah suatu hal yang sangat mustahil, seperti yang ada dalam dunia nyata sekarang ini. Tidak ada satu daerah pun yang betul-betul aman kondisinya, walau penjaga keamanan telah ditempatkan di daerah tersebut, begitu juga dengan keamanan database. Namun yang bisa kita lakukan adalah untuk mengurangi gangguan keamanan tersebut.

Sampai saat ini keamanan database sering menjadi pembicaraan, karena sering terjadinya pembobolan pada database. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti hilangnya kerahasiaan data, pencurian dan penipuan terhadap database, hilangnya intergritas, dan hilangnya ketersediaan data. Maka kita harus melakukan pengamanan database.

Sebelum saya kasih cara untuk menjaga keamanan database, saya akan menjelaskan tentang apa itu keamanan database. Keamanan database adalah suatu cara untuk melindungi database dari ancaman, baik dalam bentuk kesengajaan atau pun bukan. Ancaman adalah segala situasi atau kejadian baik secara sengaja maupun tidak yang bersifat merugikan dan mempengaruhi system serta secara konsekuensi terhadap perusahaan/organisasi yang memiliki system database.

Keamanan database tidak hanya berkenaan dengan data yang ada pada database saja, tetapi juga meliputi bagian lain dari system database, yang tentunya dapat mempengaruhi database tersebut. Hal ini berarti keamanan database mencakup perangkat keras, perangkat lunak, orang dan data.

Cara Menjaga Keamanan Database :

  1. Tingkatkan Keamanan Server
  2. Lakukan validasi inputan
  3. Menggunakan Koneksi Yang unik
  4. Kontrol Akses Tabel
  5. Melakukan Backup Data dan Recovery
  6. Lakukan Enkripsi terhadap database

Nah, sekarang readers sudah tahu kan cara untuk menjaga keamanan database.