Google akhirnya resmi meriliskan versi beta final untuk Android P

Dilansir dari Liputan6.com -Jakarta – Google akhirnya menggulirkan versi final preview untuk Android P. Dengan rilisnya versi beta penutup ini, kemungkinan besar versi publik dari Android P akan meluncur dalam waktu dekat.

VP Android Dave Burke menuturkan, dalam versi beta terakhir ini, pihaknya sudah menyertakan sejumlah sistem final Android P. Karenanya, navigasi berbasis gestur turut dibenamkan dalam versi final tersebut.

Kendati demikian, tidak tertutup kemungkinan perusahaan akan melakukan perubahan dan pembaruan di masa depan.

Versi terakhir ini sebenarnya sudah mencakup beragam fitur yang akan hadir di Android P nanti saat dirilis ke publik.

Sama seperti versi beta sebelumnya, rilis kali ini sebetulnya sudah cukup stabil untuk dipasang di perangkat pengguna yang penasaran
dengan Android P.

Google sendiri juga tidak mengungkap bug atau masalah serius di versi beta.

Sekadar informasi, versi beta Android P pertama kali diluncurkan pada Mei 2018. Burke menuturkan, Android P mengusung tiga tema,
yakni cerdas, sederhana, dan sangat digital.

Versi pratinjau ini sudah dapat digunakan untuk Pixel, Pixel XL, Pixel 2, dan Pixel 2 XL. Selain seri Pixel, preview Android P ini juga hadir
untuk Sony Experia XZ2, Xiaomi Mi Mix 2S, Nokia 7 Plus, Oppo R15 Pro, Vivo X21, OnePlus 6, dan Essential PH-1.

Fitur Anyar di Android P

Fitur Adaptive Battery pada Android P yang diterapkan Google I/O (Sumber: Tech Crunch)

Bagi kamu yang penasaran seperti apa fitur anyar Androd P, berikut beberapa rangkumannya

Salah satu fitur yang diperkenalkan Google untuk Android P adalah App Actions. Fitur ini memungkinkan Android memprediksi tindakan
yang akan dilakukan oleh pengguna.

Selain itu, fitur ini juga memungkinkan pengembang meningkatkan kemampuan aplikasinya termasuk membuat konten yang lebih mudah diakses. Jadi, pengguna dapat melakukan navigasi dengan lebih cepat.

Fitur ini dapat berlaku di sejumlah aplikasi, seperti Google Search, Google Play, Google Assistant, dan launcher Android. Nantinya, rekomendasi tindakan akan dibuat berdasarkan pemakaian dan relevansinya dengan pengguna.

Android P juga hadir dengan fitur bernama Slice. Fitur ini mampu menampilkan antarmuka aplikasi di dalam hasil pencarian Google Search termasuk Google Assistant.

Rencananya, fitur ini akan rilis di Google Search pada pertengahan tahun, sedangkan di Google Assistant pada akhir 2018.

Android P kini juga tampil dengan sistem navigasi baru. Burke menyebut sistem ini menawarkan cara lebih cepat untuk mengakses Android. Dalam sistem anyar ini, Android P tampil dengan satu tombol Home dan mengandalkan navigasi berbasis gerakan, mirip dengan iPhone X.

Google memang masih menyertakan tombol Back, tapi dalam pengaturan bawaan, tombol tersebut disembunyikan. Untuk membuka multitasking, misalnya, pengguna cukup menggeser tombol Home ke bagian samping.

Kali ini, Google juga menghadirkan Android Dashboard, alat yang memungkinkan pengguna mengelola waktu yang dihabiskan saat menggunakan aplikasi.

Fitur yang baru hadir di Android P ini akan menampilkan waktu yang dihabiskan pengguna selama mengakses ponsel dan memberikan notifikasi saat sudah terlalu lama.

Cara Mencoba Android P Versi Beta

Khusus bagi kamu pengguna smartphone Google Pixel, kamu hanya perlu mendaftar ke situs webAndroid Beta Program di sini (https://www.google.com/android/beta#faq).

Dari situ, kamu akan menerima pembaruan OTA Android P. Dalam waktu yang singkat (tergantung koneksi jaringan internet), Android P sudah bisa kamu instal.

Nah, bagi pengguna perangkat non Google Pixel, kamu harus sedikit lebih berusaha mendapatkan versi beta Android P karena tidak ada metode OTA.

Kamu harus melakukan metode flashing manual sistem operasi tersebut ke dalam perangkat. Sebetulnya, cara ini tidak selalu merepotkan, tetapi kemungkinan masih bisa gagal karena kamu harus menempuh beberapa tahap.

Asyiknya, setiap vendor smartphone yang mendukung versi beta ini sudah memberikan instruksi di situs masing-masing.

Kamu bisa langsung beranjak ke situs berikut, mulai dari Essential Phone, OnePlus 6, Xperia XZ2, Nokia 7 Plus, Oppo R15 Pro, Vivo X21UD, Vivo X21, dan Xiaomi Mi MIX 2s.