Berita

5 Aplikasi Smarphone yang dapat di gunakan untuk Video Conference

Seperti yang kita tahu bahwa Indonesia sedang mengalami musibah berupa virus yang bernama Covid19, terhitung sudah hampir 2 minggu semenjak adanya himbauan untuk tetap berada di rumah dari pihak pemerintah, hari demi hari di lewati dengan kebijakan-kebijakan baru untuk meminimalisir dan mencegah penyebaran virus Corona atau Covid19 ini, seperti memindah semua aktifitas pekerjaan yang harusnya berada di kantor berubah menjadi dirumah bahkan lembaga pendidikan pun memberi surat edaran bagi mahasiswa atau siswanya untuk sekolah di rumah dengan cara online. Tidak hanya siswa dan mahasiswa, dosen dan tenaga pendidik pun ikut turut membantu kegiatan belajar mengajar melalui media online.

Mungkin bagi beberapa orang yang awam dalam penggunaan aplikasi pada smartphone untuk kegiatan sehari-hari cukup menyusahkan, namun bagi anak-anak yang sudah akrab menggunakan smartphone tidak menjadi hambatan. Kegiatan belajar mengajar yang dirubah menjadi online membuka peluang baru bagi siswa maupun mahasiswa agar dapat menggunakan gadget miliknya tidak hanya untuk berkomunikasi dan bermain saja.

Dengan menggunakan aplikasi yang mendukung video Conference maka belajar mengajar online, rapat online, atau hanya sekedar ingin mengobrol dengan jumlah banyak mampu di lakukan hanya dengan smartphone yang kita punya, Video Converence merupakan seperangkat teknologi telekomunikasi interaktif yang memungkinkan dua pihak atau lebih agar dapat berinteraksi walaupun berbeda lokasi, Berikut 5 Aplikasi smartphone yang dapat di gunakan untuk Video Conference :

  1. Skype

Siapa yang tidak tau dengan Skype..?, beberapa orang mungkin hanya tau dari namanya saja dan sedikit juga yang menggunakan aplikasi tersebut , Aplikasi yang dirilis pada tahun 2003 ini bertujuan untuk menyediakan sarana komunikasi suara  dan video, jika dalam satu kelas normal berisi 25 hingga 35 orang maka aplikasi skype ini dapat mengatasinya, karena dalam satu panggilan skype dapat menampung hingga 50 orang.

Tidak hanya itu kualitas suara yang di berikan oleh aplikasi skype ini cukup jernih dan jelas, penggunaan aplikasi skype ini juga mudah di pahami karena aplikasi tersebut cukup simple dan dapat langsung di praktekan tanpa harus bersusah payah mempelajari fitur-fitur yang rumit.

  1. Hangout Meet

Aplikasi buatan google yang dirilis pada tahun 2013 ini merupakan sebuah aplikasi yang menyediakan percakapan video, pesan singkat, dan VOIP. Untuk menggunakan aplikasi Hangout memerlukan G Suite Account jika belum punya maka pengguna dapat mendaftar menggunakan email yang pengguna punya. Aplikasi Hangout ini memungkinkan untuk melakukan video conference, jumlah orang yang dapat masuk untuk ikut video conference tersebut bervariasi dari mulai 50 orang untuk akun G suite Enterprise dan 25 orang untuk akun G Suite standar atau umum.

  1. Zoom

Urutan ke tiga adalah Zoom, aplikasi video conference satu ini dapat di gunakan secara gratis dan sering juga digunakan untuk kebutuhan meeting online dan kuliah online, zoom dapat menampung hingga 100 orang dalam satu sesi panggilan video conference namun yang menjadi kelemahan aplikasi zoom ini adalah adanya batasan waktu yaitu hanya 40 menit dalam satu sesi, jadi jika ingin menggunakan zoom untuk rapat atau kuliah online user harus mengakhiri panggilan setiap 40 menit sekali.

  1. Go to Meeting

Go to Meeting merupakan layanan yang di hosting di web dan di pasarkan oleh LogMeIn, aplikasi yang menyediakan fitur rapat online, berbagi desktop, dan konferensi video ini memungkinkan pengguna untuk saling berinteraksi hanya dengan melalui komputer atau laptop masing-masing. Tapi bagi pengguna smartphone tidak perlu khawatir karena Go to Meeting telah tersedia dan dapat di gunakan pada smartphone.

  1. Cisco Webex Meetings

Aplikasi satu ini merupakan aplikasi yang jarang di ketahui oleh orang karena disamping kalah terkenal dengan aplikasi Skype dan Hangout tapi aplikasi satu ini tidak akan kalah dalam segi fitur, aplikasi video conference satu ini, sama halnya dengan aplikasi hangout, Cisco menyediakan varian dalam partisipan yang dapat mengikuti video conference dimana pada tingkat pemula dalam satu panggilan hanya dapat menampung sekitar 50 pengguna saja namun pada tingkat bisnis dalam satu panggilan dapat menamung lebih dari 100 orang.

Itu adalah 5 video conference yang dapat kalian unduh di app store maupun playstore untuk keperluan meeting, kuliah online, atau hanya sekedar ngobrol rame-rame, tentunya dalam penggunaannya membutuhkan jaringan yang bagus juga jadi aplikasi mana yang telah kalian sebelumnya..?

Source :

https://tekno.kompas.com/read/2020/03/24/08020077/alasan-zoom-banyak-dipakai-untuk-rapat-hingga-kuliah-dari-rumah

https://business.tutsplus.com/id/articles/best-web-video-conferencing-software–cms-31845

Berita Terkait

Komentar

Leave a Comment :

Your email address will not be published.