Berita

7 Langkah Pengoptimalan SEO pada sebuah Website

Kini Teknologi makin Canggih seiring berjalannya waktu, beberapa puluh tahun kebelakang Website hanyalah sebuah media penyebaran informasi sederhana sampai dengan manusia menyadari bahwa website atau situs sangatlah penting untuk mendukung pemasaran sebuah produk atau hanya sekedar memberikan informasi berupa artikel atau berita. Karena seperti yang kita tahu bahwa lebih mudah mencari apapun di website jika di bandingkan harus mencari di buku.

Website yang sudah sangat ramai di gunakan ini mempunyai tampilan yang beragam dan tingkat efektif dan efisiensi yang berbeda-beda oleh karena itu pentingnya penggunaan SEO atau Search Engine Optimization menjadi letak pembeda disini karena tujuan membuat website dengan tampilan dan informasi yang berbeda-beda ini pasti ingin di kunjungi jadi tidak hanya sekedar untuk pamer tampilan lalu masalah selesai, fungsi dari SEO ini sendiri adalah membuat website yang kita buat menjadi yang pertama dalam mesin pencarian dan proses SEO ini tidak boleh di lakukan sekali dua kali karena jika begitu sekalinya Website anda menjadi nomor 1 bisa saja berubah keesokan harinya di gantikan oleh website yang lebih rajin menggunakan SEOnya. Bagi yang mempunyai Budget lebih melakukan SEO secara terus menerus mungkin tidak jadi masalah namun bagi yang hanya mempunyai budget sedikit..? mungkin akan terkendala suatu saat nanti karena proses SEO tidak boleh berhenti dan harus di lakukan secara terus menerus tapi selain pengunjung yang ramai kita harus membuat website yang kita bangun lebih terlihat professional agar pengunjung lebih setia untuk datang secara sukarela nantinya.

Berikut adalah 7 Langkah peningkatan SEO sekaligus peningkatan profesionalitas yang dapat kalian lakukan secara manual terhadap website anda.

  1. Gunakan gambar dengan ukuran sekecil mungkin

Percayalah tidak ada yang mau mengunjungi sebuah website dengan waktu load yang lama, banyak animasi dan gambar mungkin menjadi nilai lebih bagi sebuah website tapi jika saat di kunjungi membuat gadget lemot atau lama akses mungkin tidak, Optimasi gambar yang anda gunakan dalam website untuk mempercepat waktu load.

  1. Sebarkan Alamat Link website mu ke media sosial dengan rutin

Bagi kalian yang tidak ingin menggunakan SEO berarti harus sedikit mengorbankan waktu anda untuk memasarkan link website yang kalian punya di media sosial, bisa sekali kali anda sebarkan lewat grup whatsapp atau di share lewat Facebook. Terdapat banyak cara untuk memasarkan sebuah link website tanpa harus mengerluarkan uang, tentunya di media sosial.

  1. Gunakan label dan caption pada gambar yang kalian upload

Kembali lagi ke langkah nomor satu dan mungkin kalian tidak asing dengan kata caption, yapp caption merupakan sebuah penjelasan singkat yang di sisipkan di gambar. Saat anda mengupload sebuah gambar usahakan bagian label dan caption di isi dengan sebaik dan seringkas mungkin karena search engine tidak hanya membaca sebuah judul artikel atau berita saja tapi juga dapat membaca sebuah caption dan label pada gambar.

  1. Gunakan Meta Tag dalam website anda

Meta Tag adalah sebuah script html yang bertujuan untuk memudahkan search engine dalam mengenali website anda, jika kalian tidak akrab dengan pemrograman lebih baik kalian belajar minimal untuk mengisi meta tag ini karena meta tag ini sangatlah berpengaruh.

  1. Gunakan Layout yang simple dan mudah untuk navigasi

Tampilan yang simple memudahkan pengunjung untuk fokus pada apa yang ingin mereka cari pada sebuah website dan navigasi yang mudah dapat membuat pengunjung lebih nyaman dalam berpindah-pindah tab pada sebuah website, jika tampilan website sudah ramai dan tombol navigasi tidak mudah sudah tidak ada alasan lagi yang membuat pengunjung betah dalam website buatan kalian.

  1. Meminimalisir pop up, web frame, Queri, dan Script

Ini nih bagian yang kadang bikin jengkel pengunjung web, pop up yang beraneka ragam trus adanya web frame berupa iklan di samping-samping website. Memang perlu hal tersebut tapi usahakan di minimalisir karena jika terlalu banyak tidak hanya mengganggu tampilan tapi itu juga membuat lemot website.

  1. Jangan pasang iklan di luar topik yang kalian buat di web

Kembali lagi ke Iklan, dengan Iklan yang memasarkan sebuah produk sangatlah perlu tapi sekali lagi jangan sampai mengganggu tampilan dan kecepatan load website, dan ini satu lagi hindari penggunaan iklan di luar topik yang kalian berikan di website kalian. Kan lucu kalau iklan di web kalian itu berisi kopi tapi ternyata kalian jualan karpet atau berisi artikel tentang terorisme.

Penggunaan SEO memang penting namun serajin apapun anda melakukan pengoptimalan SEO jika pengunjung tidak nyaman maka website anda akan benar-benar ditinggalkan nantinya, penting sekali menjaga website yang efektif dan efisien untuk mempertahankan pengunjung website, jadi selamat mencoba semoga 7 langkah tersebut dapat mengubah website yang kalian buat menjadi lebih professional dan lebih banyak di kunjungi.

Berita Terkait

Komentar

Leave a Comment :

Your email address will not be published.