Berita

8 Profesi Menjanjikan, Ini Gambaran Lulusan Teknik Informatika di Masa Depan

Berdasarkan laporan The Future of Jobs dari World Economic Forum, terdapat sejumlah profesi yang paling dibutuhkan di masa depan, khususnya profesi yang melibatkan ilmu sains dan teknologi. Berbicara mengenai pekerjaan, kebanyakan orang di dunia ini pasti membutuhkan pekerjaan untuk bertahan hidup dan ataupun mengisi kegiatan sehari-hari. Dengan pekerjaan yang digeluti, apalagi menghasilkan gaji yang memadai, pasti akan menjamin kehidupan di masa mendatang.

Background pendidikan juga ikut berperan dalam menumbuhkan pola pikir dan kesadaran, dewasa ini link-and-match antara pendidikan dan kebutuhan pekerjaan memang mempengaruhi pola industri yang berkembang. Perguruan tinggi dianggap sebagai jembatan yang secara konseptual akan memiliki peluang yang cukup besar melahirkan lulusannya menjadi calon tenaga kerja yang memiliki profesionalisme tinggi. Berikut ini gambaran profesi menjanjikan lulusan Teknik Informatika di masa depan.

 

  1. Pebisnis Online

Berkembangnya dunia bisnis telah menjamah ranah digital. Bagi yang sering belanja secara online, pasti sudah tidak asing dengan istilah online shop. Banyaknya marketplace yang mencuat ke permukaan memudahkan siapa saja bisa terlibat menjadi pebisnis online. Nah, jika ingin mencari lowongan pekerjaan, maka bisnis online salah satu yang menjanjikan. Caranya mudah, jika kita tahu pasar dan membuat platform jual beli online seperti website dan aplikasi mobile. Kita bisa menjadi owner yang membantu para penjual memperdagangkan barang-barangnya di platform, atau kita bisa juga menjadi penjualnya sendiri, dengan begitu kita dapat pengasilan dari barang yang berhasil dijual.

  1. Konsultan Marketing

Profesi ini berperan dalam mengembangkan bisnis perusahaan melalui strategi marketing yang relevan untuk masing-masing perusahaan. Biasanya, seorang Konsultan Marketing bekerja di sebuah agensi yang menangani banyak klien perusahaan. Namun, tidak jarang juga perusahaan merekrut seorang Konsultan Marketing internal. Biasanya, seorang Konsultan Marketing memimpin tim marketing perusahaan—artinya, ia harus menguasai keseluruhan aktivitas marketing, baik online maupun offline. Tentu saja pekerjaan ini sangat menjanjikan.

  1. Programmer

Prospek kerja lulusan Teknik Informatika di era digital seperti saat ini yang akan menjadi most wanted adalah seorang programmer. Tentu saja, dengan kemajuan teknologi, banyak perusahaan yang memiliki website, aplikasi, hingga program komputer namun kekurangan orang untuk mengembangkannya. Dengan latar sebagai lulusan Teknik Informatika, kamu tentu memiliki kemampuan membuat, merawat, hingga mengembangkan berbagai program komputer, aplikasi, dan website. Keahlian itu tentu amat dibutuhkan berbagai perusahaan. Apalagi, sebagai programmer, kamu bisa bekerja secara lepas atau freelance. Dengan begitu, bekerja tidak perlu lagi dengan sistem 8 jam di kantor, bertemu macet, dan duduk seharian depan komputer, Bila punya kemampuan mumpuni dan banyak relasi, justru pekerjaan yang akan mencari kita.

  1. System Analyst

System analyst adalah profesi yang memiliki tugas menganalisis dan mendesain sistem yang akan digunakan oleh suatu perusahaan atau organisasi. Sistem tersebut tentunya berkaitan dengan sistem jaringan komputer dan peranti lainnya yang berhubungan. Seorang system analyst dituntut untuk memberikan analisis dan mengetahui secara jelas kondisi dan keadaan sistem jaringan di suatu perusahaan. Mulai dari system definition, database, hingga pengecekkan keadaan hardware sistem jaringan tersebut. Syaratnya harus memiliki ketelitian tinggi agar tidak melakukan kesalahan saat bekerja.

  1. Digital Marketer / Social Media Admin

Profesi ini cocok untuk para lulusan yang aktif di sosial media dan mampu menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar ponsel ataupun komputer. Dengan modal internet dan kemampuan menarik audiens sekaligus mempromosikan konten perusahaan, profesi digital marketing tidak membutuhkan banyak pengalaman untuk dipelajari dari awal. Terlebih dalam beberapa tahun belakangan ini kesempatan sebagai digital marketer maupun administrator media sosial semakin dibutuhkan mengingat semua perusahaan membutuhkan laman online dan akun media sosial untuk berinteraksi dengan pelanggan mereka. Adapun keterampilan yang dibutuhkan dibidang ini adalah komunikasi, kreatifitas, sales skill, dan beruntungnya lulusan Teknik Informatika dibekali pengetahuan SEO (Search Engine Optimization) yakni memaksimalkan konten kita pada teknologi mesin pencari.

  1. Desain Grafis

Untuk yang memiliki kreativitas tinggi, pasti sudah tidak asing dengan pekerjaan yang satu ini. Dalam proses pemasaran perusahaan, akan dibutuhkan strategi menarik untuk menjadi senjata pemasaran. Disitulah peran desain grafis dibutuhkan. Selama bisnis terus berkembang dan bermunculan bisnis baru, maka seorang desainer grafis akan terus mendapatkan pekerjaan. Baik pekerjaan secara lepas, ataupun full-time.

  1. Film and Video Editor

Banyaknya platform media sosial, memperluas akses para kreator untuk berkembang. Sama seperti ketrampilan desain grafis, peluang menjual jasa editing video pun terbuka lebar di pasar jasa online. Bahkan dengan internet kita mampu menembus batas negara dan menjual jasa ke luar negeri. Sangat menjanjikan, bukan?

  1. Android & Game Developer

Menjadi seorang gamer bisa menuntun kita pada masa depan yang yang menjanjikan, yaitu dengan bekerja sebagai game developer. Sudah tidak asing bidang ini memang banyak peminat. Selain menjadi pemain, kita juga bisa seperti mereka yang memproduksi dan mengembangkan game. Mulai bereksperimen dan mengembangkan kreativitas dalam menciptakan game yang diinginkan kemudian dikomersialkan.

Selin itu, pekerjaan serupa yang kerap menjanjikan adalah android developer. Banyaknya pengguna platform android mendorong hal tersebut. Aplikasi Instagram, facebook, WhatsApp adalah sebagian kecil contoh dari hasil pekerjaan mobile application developer. Di bidang ini kita akan menciptakan berbagai aplikasi berbasis mobile yang compatible pada berbagai sistem operasi di gadget. Tentu saja hal ini sangat berguna bagi orang banyak.

 

Itulah beberapa pekerjaan menjanjikan di masa depan bagi lulusan Teknik Informatika. Banyaknya jurusan tersebut diberbagai kampus, membuat kita terus meningkatkan kemampuan agar tidak kalah bersaing. Di sisi lain, Perguruan tinggi sebagai jembatan harus mampu mencetak lulusan yang “acceptable” oleh dunia industri sehingga perguruan tinggi tidak dijadikan sasaran tembak orang-orang yang berkomentar bahwa orang berkuliah hanya menghabiskan biaya saja.

Berita Terkait

Komentar

Leave a Comment :

Your email address will not be published. Required fields are marked *