Berita

Apa itu Java ?, pengertian, sejarah, dan bagaimana cara kerjanya

Java merupakan salah satu Bahasa yang paling banyak digunakan saat ini, pada artikel ini saya akan membahas mengenai Apa itu Java ?,Pengertian, sejarah dan bagaimana cara kerjanya.

Pengertian Java

Java adalah bahasa pemrograman berorientasi objek dan platform perangkat lunak yang banyak digunakan yang bisa berjalan di miliaran perangkat, termasuk komputer notebook, perangkat seluler, konsol game, perangkat medis, dan banyak lainnya. Aturan dan sintaks Java didasarkan pada bahasa C dan C++.

Sejarah singkat bahasa pemrograman Java

Bahasa Java pada awalnya disebut OAK. Awalnya, ini dikembangkan untuk menangani perangkat portabel dan dekoder.

Pada tahun 1995, Sun MicroSystem mengubah nama menjadi “Java” dan memodifikasi bahasa untuk memanfaatkan bisnis pengembangan www (World Wide Web) yang sedang berkembang.

Kemudian, pada tahun 2009, Oracle Corporation mengakuisisi Sun Microsystems dan mengambil alih kepemilikan tiga aset perangkat lunak utama Sun Microsystem yaitu : Java, MySQL, dan Solaris.

Kelebihan dan Kekurangan bahasa pemrograman Java

Berikut merupakan Kelebihan dan Kekurangan Bahasa Pemograman Java :

Kelebihan

  1. Fleksibel

Kelebihan pertama dari java ialah Fleksibel, Fleksibel disini ialah java mampu dijalankan oleh banyak platform . artinya cukup dengan sekali membuat program menggunakan java, program pun dapat dijalankan oleh banyak platform.

  1. Memiliki Library yang lengkap

Java terkenal mempunyai Library yang lengkap. Library merupakan sekumpulan fungsi yang digunakan untuk membuat program atau aplikasi.

  1. Mudah Untuk Dikembangkan

Setiap aplikasi atau program yang dibuat menggunakan Java dapat dengan mudah  dikembangkan oleh pengembang selanjutnya. Karena Bahasa pemograman java merupakan salah satu Bahasa yang paling banyak digunakan saat ini.

  1. Berorientasi Objek

Berorientasi objek disini ialah setiap aplikasi yang dibangung dengan menggunakan bahasa pemrograman java akan disesuaikan dengan objek.

Kekurangan

  1. Memerlukan Memori yang besar

Program berbasis java memerlukan memori yang besar dikarenakan Java Virtual Machine membutuhkan data dalam pengumpulan sampah memori , pembuatan kelas, dan lainnya. Seluruh proses tersebut akan menghabiskan banyak memori atau RAM.

  1. Mudah diambil Source codenya

Source code atau script yang dibuat menggunakan java dapat dengan mudah diambil bahkan dibajak oleh orang lain, sehingga banyak pengcopyan aplikasi yang menggunakan Java.

Cara kerja bahasa pemrograman Java

Berikut merupakan cara kerja Bahasa pemograman java :

Pertama, kode program dituliskan dan disimpan dalam file.

Kemudian kode diproses dan menghasilkan kode objek yang biasa disebut bytecode. Hasil proses ini menghasilkan file yang berisi perintah yang hanya dipahami oleh program java.

Bytecode akan menerjemahkan baris kode yang dilakukan saat program dijalankan.

Source :

java.com/en/download/help/whatis_java.html

guru99.com/java-platform.html

techopedia.com/definition/3927/java

ibm.com/cloud/learn/java-explained

idwebhost.com/blog/apa-itu-java/

dosenit.com/kuliah-it/pemrograman/kelebihan-dan-kekurangan-java

Berita Terkait

Komentar

Leave a Comment :

Your email address will not be published.