Berita

Keuntungan E-Money untuk Berdagang

Seperti yang kalian tahu bahwa uang elektronik atau biasa di sebut E-Money (Electronic Money) sudah sangat ramai di gunakan akhir-akhir ini, disamping kegunaannya yang sangat mudah dan bisa di gunakan untuk keperluan apapun seperti membeli tiket kendaraan, memesan makanan, bayar listrik dsb, uang digital telah sedikit demi sedikit menggeser mesin ATM yang berfungsi untuk menyediakan uang secara cepat walaupun hari ini ATM masih sangat di gandrungi oleh kalangan yang belum menggunakan uang elektronik secara penuh.

Sebenarnya jika kita pergunakan Uang Elektronik secara penuh hal itu akan mengubah banyak hal, kita dapat melakukan transaksi jual beli dengan sangat efektif dan efisien dari segi waktu dan tenaga, asumsikan saat kita membeli sebuah barang dengan harga Rp. 8750,-  dengan uang Rp. 100.000 ,-  di sebuah super market maka kasir perlu menghitung-hitung uang kembalian walaupun sudah di bantu dengan mesin kasir yang memberitahu berapa nilai kembalian uang yang harus di berikan kepada pembeli dan jika perhitungan kasir itu salah alias human error maka bukan saja pembeli di rugikan namun pegawai kasir tersebut juga akan menerima dampaknya.

Hal seperti itulah yang membuat uang elektronik membuat transaksi jual beli lebih mudah karena berapapun besaran uang yang di berikan oleh pembeli akan mendapatkan kembalian yang sesuai dengan perhitungan yang sudah di hitung. Jika dilihat dari segi waktu perhitungan cepat yang di lakukan oleh mesin kasir dan pembayaran yang bersifat langsung karena pembeli tidak perlu mengeluarkan uang dari dalam dompetnya membuat waktu lebih cepat beberapa menit dan meminimalkan kesalahan perhitungan.

Dampak baik seperti kasus diatas itulah yang membuat kenapa sekarang uang elektronik sudah mulai sering di gunakan dan jika menggunakan nya untuk berdagang hal itu juga menguntungkan pedagang, jika anda adalah seorang pedagang yang menjual produk secara online di sebuah market online makan uang digital inilah yang akan di gunakan namun jika anda adalah pedagang yang menjual produk secara langsung alias offline seperti rumah makan, bengkel motor, supermarket kecil-kecilan, atau mungkin sebuah startup yang ingin memudahkan dalam transaksi jual beli maka penggunaan aplikasi Uang elektronik sungguh pilihan yang sangat tepat, anda sebagai pedagang tidak perlu lagi menukarkan uang hanya sekedar untuk kembalian dan pembeli tidak perlu khawatir jika uang yang dia berikan terlalu besar.

Banyak aplikasi uang elektronik sekarang dan banyak juga yang menawarkan promo-promo menggiurkan pada aplikasi uang elektronik ini, pengalaman pribadi saya saat membayar sebuah minuman di warung sederhana dengan uang bernilai besar membuat saya harus menunggu lama untuk menerima uang kembalian karena warung sederhana tersebut tidak mempunyai kembalian. Keuntungan yang bisa anda dapat sebagai Pedagang jika anda menerapkan uang elektronik pada usaha anda maka secara tidak langsung akan terjadi pemasaran secara tidak langsung karena saat usaha anda terdapat promo dapat di umumkan pada aplikasi uang elektronik tersebut dan hal itu dapat menambah pelanggan anda secara tidak langsung.

Kesimpulannya jika anda adalah sebuah pengusaha yang ingin memudahkan pembeli atau pelanggan maka berpindah atau minimal menyediakan uang elektronik adalah hal yang sangat menguntungkan usaha anda dan dapat meningkatkan kualitas usaha anda dan satu hal lagi dengan penerapan uang elektronik pada usaha anda dapat meminimalkan kehilangan keuntungan yang di sebabkan oleh human error.

Berita Terkait

Komentar

Leave a Comment :

Your email address will not be published. Required fields are marked *