Berita

Perbedaan Teknik Informatika dengan Ilmu Komputer

Ada Program studi Teknik Informatika, ada juga Ilmu Komputer. Kedua  nama program studi ini bukan hanya sekedar berbeda nama saja namun juga memiliki prbedaan lainnya. Ayo simak apaa perbedaannya agar kalian lebih mengetahui tentang program studi Teknik Informatika.

Seperti apa yang tertulis di glints.com Ilmu Komputer dan Teknik Informatika memiliki perbedaan dari beberapa sisi. Pertama dari sisi fokus studi, Ilmu Komputer memiliki fokus pada teori dan strategi penerapan Ilmu Komputer, seperti Teknik Pemrogman dan analisis algoritma software. Sedangkan Teknik Informatika lebih mengedepankan mengenai praktik dan studi lapangan agar mahasiswa menjadi pekerja IT yang andal seperti materi pembentukan aplikasi.

Setelah itu dari sisi materi kuliah dimana Ilmu Komputer mempelajari Teori Pemrograman Jaringan Web, Kajian Sistem Operasi, Teori Bahasa dan Automata, Desain dan Analisis Algoritma Komputer, Metode Perancangan Sistem Cerdas dan lain-lainnya, sedangkan untuk Teknik Informatika mempelajari mengenai Arsitekur Komputer, Rekayasa Perangkat Lunak, Manajemen Basis Data, Teknik Pengembangan Perangkat Lunak, Socio-Informatika dan Profesionalism dan lainnya.

Dari sisi prospek karir Ilmu Komputer adalah menjadi Web Designer, Software Engineer, Game Developer, IT Consultant, Application Engineer. Sedangkan Teknik Informatika adalah menjadi Database Engineer, Cybersecuity Engineer, Full-stack Developer, System Analyst, dan System Integrator.

Bukan hanya berbeda dari hal-hal yang sudah disebutkan di atas saja, tapi juga ternyata Ilmu Komputer dan Teknik Informatika memiliki perbedaan berdasarkan sejarah. Teknik Informatika mengikuti penamaan yang berkiblat ke Eropa brdasarkan apa yang dipelajari oleh guru besar ITB (Institut Teknologi Bandung), kemudian Ilmu Komputer penamaannya mengikuti kiblat Amerika Serikat sebagaimana yang dipelajari oleh guru besar UI (Universitas Indonesia). Karena kampus pertama yang mempelajari hal-hal tersebut adalah guru besar dri Universitas Indonesia dan Institut Teknologi Bandung, begitu pun dengan yang memprakarsai terbentuknya fakultas berbasis ilmu komputer.

Jadi bagaimana, sudah mengetahui perbedaannya? Semoga kamu menjadi lebih mengenal program studi Teknik Informatika. Jangan lupa, jika tertarik untuk memasuk program studi Teknik Informatikaa, kalian bisa bergabung menjadi mahasiswa Teknik Informatika UNPAS melalui jalur PMDK, kunjungi https://www.teknik.unpas.ac.id/daftar unttuk nformasi lebih lengkapnya.

Berita Terkait

Komentar

Leave a Comment :

Your email address will not be published.