Berita

Raih IPK Hampir Sempurna, Bukti Pepatah “Rajin Pangkal Pandai” Benar Adanya

Meraih gelar sarjana dengan predikat lulusan terbaik bisa menjadi suatu kebanggaan. Bukan hanya pada diri sendiri, tetapi juga pada orang tua dan almamater. Pasalnya, demi mendapatkan itu semua diperlukan kerja keras dan disiplin waktu yang tinggi, terlebih di Fakultas Teknik yang kerap identik dengan kultur akademik yang pelik. Hal itu yang mendorong Syauqi Rahmat Sugara tidak patah arang hingga menjadi lulusan terbaik pada Yudisium Gelombang 1 tahun akademik 2018/2019 dan mendapat Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) hampir sempurna; 3,98.

Berbekal pepatah “Rajin pangkal pandai”, Syauqi menjalani proses perkuliahan sewajarnya mahasiswa lain, namun ia bertekad sedari awal, “Kalau kita rajin, hasilnya tidak akan mengkhianati proses. Gak harus pinter-pinter banget juga gak masalah. Gak terlalu menonjol banget juga gak apa-apa, misal gak harus jago banget pemrograman. Asal semua tugas dikerjain”. Itulah hal yang mendorong Syauqi hingga akhirnya meraih predikat CUMLAUDE. Ia berprinsip setiap proses yang dijalani akan membuahkan hasil. Terbukti pada transkrip nilainya yang hampir semua mendapat A, hanya satu mata kuliah ia dapat B.

Adapun hambatan ketika menjalani proses perkuliahan, ia terbentur dengan sebuah proyek pemrograman saat duduk dibangku tingkat akhir, sehingga tugas akhirnya agak terbengkalai. Namun akhirnya ia menyelesaikan juga studinya pada tahun ke lima ini. “Dulu ikut bootcamp di Malang, jadi jarang ke kampus, bimbingan hampir enam bulan sekali, tapi Alhamdulillah bisa beres”. Syauqi pun menuturkan, bahwa dalam proyek yang melibatkannya, nantinya akan disalurkan ke perusahaan Startup di Jakarta.

Sementara ini ia berniat melanjutkan pekerjaan di proyek yang telah melibatkannya setahun kemarin. Serta ia menyemangati rekan-rekan lain yang belum lulus untuk terus semangat dan ingat orang tua. Meraih IPK sempurna bukan jaminan seseorang dikatakan sukses, namun untuk mencapai hasil sesuai keinginan tetaplah berproses. Semoga ilmu yang didapat bermanfaat untuk nusa dan bangsa.

Berita Terkait

Komentar

Leave a Comment :

Your email address will not be published.