Berita

Tertarik Game gratis, ternyata hal itu berdampak buruk bagi Gadget kita

Game pembawa malware yang dapat merugikan pengguna Gadget

Pengguna Gadget yang semakin bertambah dari kalangan muda hingga tua sudah tidak dapat di pungkiri lagi, aktivitas harian yang sudah dapat dikelola dengan baik menggunakan gadget ini membuat pengguna sangatlah bergantung pada teknologi smartphone atau Komputer dan sejenisnya.

Dengan memanfaatkan hal tersebut banyak developer aplikasi seperti pembuat game yang berlomba-lomba untuk membuat game yang dapat menghibur pengguna gadget, alih-alih ingin menghibur tapi ternyata tidak sedikit developer game yang berniat jahat.

Dikutip dari Nextren bahwa lagi-lagi ditemukan sejumlah aplikasi dan game yang mengandung adware beredar disana, Bitdefender baru saja menemukan 17 aplikasi dan game baru yang membawa adware atau malware yang sering membawa banyak iklan.

Banyak aplikasi atau game gratisan yang sering memunculkan iklan secara berlebih dan hal itu sangat mengganggu kenyamanan pengguna, terlebih jika hal itu dimanfaatkan oleh developer jahat untuk menyelundupkan malware berbahaya kedalam gadget pengguna.

Tidak hanya itu, dikutip dari DetikInet dimana situs yang menawarkan download game Cyberpunk 2077 secara gratis ini sangat membahayakan keamanan data pengguna. Game yang sudah sangat ditunggu oleh gamer ini dimanfaatkan juga oleh oknum tidak bertanggung jawab untuk mendapatkan data pribadi.

Berkaca dari kasus diatas ternyata banyak pengguna gadget yang tidak mau merogoh kocek lebih dalam untuk membeli sebuah aplikasi atau game dan lebih memilih mencari jalan alternatif, karena sudah terbukti bahwa aplikasi dan game gratisan berdampak buruk bagi pengguna gadget, bukan berarti aplikasi dan game resmi berbayar tidak membahayakan namun hal itu lebih terjamin daripada aplikasi dan game gratis yang tersedia pada situs tidak jelas.

Pengetahuan tentang teknologi yang terus berkembang tidak dibarengi dengan pengalaman pengguna untuk menyadari pentingnya menjaga keamanan data pribadi pengguna, walaupun pengguna sudah menggunakan berbagai cara untuk menjaga keamanan seperti install antivirus atau menggunakan keamanaan bawaan gadget tapi jika pengguna sendiri yang mengijinkan aplikasi atau game gratisan ini ada maka hal itu sama saja membuka celah keamanan gadget pengguna sendiri.

Jika pengguna ingin menjaga keamanan data tetap terjaga alangkah lebih baik jika pengguna berhenti mencoba aplikasi atau game gratisan atau mendownload aplikasi atau game bajakan pada situs-situs yang tak jelas asal usulnya.

Salah satu cara bagi pengguna Android untuk memastikan apakah aplikasi atau game yang terinstall aman adalah dengan cara menggunakan Google Play Protect yang terdapat pada aplikasi Google Play Store, untuk pengguna Laptop atau Komputer biasakan untuk mendapatkan aplikasi dan game pada situs resmi dan jika perlu membayar maka bayarlah karena dengan begitu keamanan data pengguna akan lebih terjamin.

Source :

https://inet.detik.com/security/d-5292787/jangan-tergoda-cyberpunk-2077-gratisan-ini-bahayanya

https://www.google.com/amp/s/nextren.grid.id/amp/011990087/17-aplikasi-dan-game-android-ini-mengandung-adware-segera-hapus

Berita Terkait

Komentar

Leave a Comment :

Your email address will not be published.