Berita

5 Film Bertemakan Informatika yang Sayang kalau di Lewatkan

Tidak sedikit dari kita yang sangat suka melihat film laga, apalagi film dengan tema yang kita sukai atau dengan genre-genre yang membuat kita betah menonton hingga berkali-kali. Bagi Mahasiswa Teknik Informatika yang sehari-hari berkutat dengan pemrograman dan semua hal yang berkaitan dengan Komputer pasti mengerti deretan film-film yang dapat memotifasi kita sebagai mahasiswa Teknik Informatika, apalagi banyak orang yang menganggap bahwa pekerjaan yang menyangkut pemrograman dan Komputer pasti berkerja di kantor dan tidak beranjak dari Kursi. Namun jangan salah banyak hal dari orang awam yang tidak mengetahui bahwa kehidupan mahasiswa Teknik Informatika atau orang yang belajar otodidak tentang komputer mempunyai kehidupan yang cukup menantang. Oleh karena itu berikut deretan film yang mencerminkan kehidupan orang-orang yang jago atau ahli dalam bidang Komputer.

  1. Who Am I (2014)

Who Am I : No System Is Safe yang tayang di tahun 2014 ini cukup menarik perhatian saya dan film ini layak sekali di tonton bagi kalian yang sangat suka dengan film-film tentang hacker, Film yang mengisahkan kelompok hacker ini tidak semua anggotanya jago melakukan peretasan namun mereka saling melengkapi satu sama lain dengan kemampuan mereka masing-masing.

Walaupun di film ini menceritakan tentang sekumpulan orang yang melakukan tindakan kriminal namun tidak sepenuhnya orang-orang yang belajar hacker seperti itu, ada pula hacker baik yang di sebut dengan white hat yang hanya melakukan pengujian program saja seperti melakukan peretasan pada situs ada program untuk melaporkan kepada stake holder yang mempunyai situs atau program tersebut yang nantinya harus di perbaiki karena terdapat bug atau celah.

  1. Black Hat (2015)

Sekali lagi film yang bertemakan hacker sama halnya seperti Who Am I, namun kali ini menceritakan tentang seorang hacker baik yang membantu kepolisian untuk melacak jaringan cybercrime tingkat internasional.

Alur yang susah di tebak membuat film ini mempunyai keunikan tersendiri karena terdapat adegan antara hacker vs hacker dan adegan baku tembak yang di lakukan kepolisan dalam menangkap jaringan cybercrime tersebut.

  1. Mr Robot (2015)

Satu lagi film yang bertemakan hacker, Film sequel tahun 2015 ini menceritakan tentang ahli keamanan dunia maya sekaligus jago dalam meretas yaitu Elliot alderson, Elliot hidup dengan gangguan kegelisahan sosial dan depresi klinis, namun di tengah penyakitnya itu elliot sangat jago dalam melakukan peretasan situs hingga pada akhirnya elliot di ajak untuk masuk kedalam kelompok aktifis peretas bernama fsociety oleh seorang anarkis yang biasa di panggil Mr.Robot.

  1. The Imitation Game (2014)

Tidak lagi membahas tentang hacker film the Imitation Game merupakan film yang diangkat dari kisah nyata, dimana film ini adalah film yang menceritakan tentang Alan Turing, bagi mahasiswa Infomatika nama Alan Turing bukan lah nama asing lagi karena Alan Turing merupakan seorang ahli matematika dan komputer pada masa perang inggris dulu.

Dia adalah peneliti komputer modern digital pertama selain itu Alan Turing merupakan orang pertama yang berpikir untuk menggunakan komputer untuk sebuah keperluan dengan berbagai program-program di dalamnya. Tidak hanya itu Alan Turing juga menemukan sebuah komputasi teoretis yang berfungsi untuk perhitungan matematis.

  1. Jobs (2013)

Film rekomendasi bertemakan Komputer yang terakhir adalah Jobs, Film Jobs ini menceritakan tentang kehidupan Steve Jobs dimana Steve Jobs adalah seorang CEO yang membangun perusahaan Apple menjadi perusahaan komputer terbesar saat ini. Bagaimana kehidupan Steve yang pada awalnya putus kuliah dan hanya mencintai seni namun sangat tergila-gila dengan teknologi.

Dibantu dengan Steve Wozniak yang selalu mendampingi Jobs dalam pengerjaan Apple Computer yang pertama film ini penuh dengan perdebatan Jobs dalam mengarungi hidupnya jauh sebelum Perusahaan Apple Computer terbentuk.

5 Film bertemakan komputer diatas merupakan sedikit gambaran tentang bagaimana kehidupan orang-orang yang belajar komputer baik belajar lewat guru atau secara otodidak,  masih banyak lagi film-film yang membahas tentang Komputer. Jadi apakah kalian sudah melihat film-film di atas sebelumnya ?

Berita Terkait

Komentar

Leave a Comment :

Your email address will not be published. Required fields are marked *