Berita

Pembuatan Game Kang PISMAN oleh Teknik Informatika UNPAS

Handoko Supeno, ST., MT. selaku dosen prodi Teknik Informatika menerima mandat untuk membangun sebuah game yaitu game Kang PISMAN dimana game tersebut merupakan bentuk realisasi program pemerintah kota Bandung untuk membuat bandung lebih bersih dan lebih ramah lingkungan. Kang PISMAN adalah sebuah gerakan yang memadukan antara pemerintah dan warga bandung untuk mengurangi, memisahkan, dan memanfaatkan sampah.

Hal tersebut pun di realisasikan tidak hanya lewat gerakan namun juga dengan game yang tujuannya untuk mengajarkan user atau pemain agar mengetahui jenis-jenis sampah dan secara tidak langsung memberikan arahan untuk setiap kita berada di lingkungan umum kita harus menjaga lingkungan dan membuang sampah pada tempatnya. Oleh karena itu dalam game Kang PISMAN terdapat 2 jenis game, yang pertama game petualangan dan yang kedua adalah game memilah sampah. Dengan kerja sama pemerintah dengan prodi Teknik Informatika membuat Pak Handoko di bantu dengan Pak Fajar Darmawan harus membentuk Tim dimana tim tersebut harus membangun game tersebut. Tim yang beranggotakan 8 Orang ini dimana 2 anggota dari kalangan dosen dan 6 sisanya berasal dari Mahasiswa Teknik Informatika sendiri membuat koordinasi dan pembagian tugas menjadi lebih mudah. Pembangunan Game yang sudah dimulai sejak tahun lalu ini telah membuahkan hasil dimana game Kang PISMAN sudah dapat di download di Play Store dengan nama yang sama yaitu Kang PISMAN.

Walaupun Kang PISMAN sudah dapat di download di Play Store hal tersebut tidak membuat Pak Handoko dan tim menyerah, mereka tetap memaintance game Kang PISMAN agar menjadi game yang lebih baik oleh karena itu Senin, 17 Februari kemaren Ibu Ayi Purbasari selaku Ketua Prodi Teknik Informatika dan Pak Handoko pergi mengunjungi Dinas Kebersihan kota Bandung dan bertemu dengan Kang Gun Gun selaku Direktur Utama Dinas Kebersihan tersebut untuk mendiskusikan tentang Game Kang PISMAN yang akan di kembangkan lagi. Game dengan genre Adventure dan Puzzle ini bertujuan untuk memberikan pesan-pesan kebersihan dari mulai tokoh dan musuhnya yang mencerminkan tujuan game ini, tunggu rilis versi terbarunya di Play Store dalam waktu dekat ini semoga dapat kalian nikmati dan berikan rating sebaik mungkin untuk karya Mahasiswa Teknik Informatika UNPAS.

Berita Terkait

Komentar

Leave a Comment :

Your email address will not be published. Required fields are marked *