Berita

5 Karir Bidang Teknologi yang paling dibutuhkan di Masa Depan

Mahasiswa Teknik Informatika harap Merapat

Seringkali kita merasa kebingungan saat menentukan karir. permintaan tenaga kerja yang beragam membuat kita bimbang dalam memutuskan bidang apa yang harus digeluti agar sesuai dengan permintaan dunia kerja.

Selain itu kita juga harus memperhitungkan prospek kerja yang akan kita geluti saat ini dapat cerah dalam 5 tahun kedepan, butuh pemahaman yang sangat dalam untuk memprediksi prospek kerja dalam beberapa tahun kedepan.

Dikutip dari Top Universities, permintaan tenaga kerja dengan skill teknologi meningkat 2 kali lipat sejak 2015 dan peningkatan ini ditandai dengan bertambahnya jumlah lowongan pekerjaan sebanyak 119 persen.

Dikutip dari rencanamu.id, beberapa waktu lalu sebuah situs lowongan pekerjaan di Indonesia merangkum hasil bidang pekerjaan dengan lowongan kerja terbanyak dimana bidang Teknologi Informatika berada pada urutan kelima. Berikut beberapa karir pada bidang Teknologi yang dibutuhkan di masa depan menurut Top Universities.

  1. Machine Learning Engineer

Dikutip dari glints.com, Machine Learning adalah salah satu aplikasi ilmu kecerdasan buatan yang membuat sistem mampu belajar dari data, sehingga tidak lagi bergantung pada pemrograman eksplisit.

Profesi ini bertanggung jawab mengubah model sains data teoritis menjadi model level produksi, tak jarang juga berperan dalam perancangan program untuk mengendalikan robot dan komputer.

Keahlian yang perlu kalian dalami agar sukses menjadi Machine Learning Engineer diantaranya :

  1. Bahasa Pemrograman
  2. Ilmu Komputer dan Pemrograman
  3. Statistika dan probabilitas
  4. Ilmplementasi algoritma machince Learning dan Library
  5. Software Engineer dan Design Sistem
  6. UX Designer

Saat kalian melihat sebuah aplikasi dengan antarmuka yang baik belum tentu dapat beroperasi dengan baik, UX Designer bertugas untuk menentukan bagaimana suatu aplikasi atau situs dapat beroperasi dengan baik.

Dikutip dari campus.quipper.com, UX Designer adalah jenis pekerjaan yang berhubungan dengan bagaimana meningkatkan kepuasan pengguna aplikasi maupun pengunjung situs yang dilihat dari nilai guna, manfaat, juga kepuasan dari si pengguna.

Dilansir dari Kompas, lowongan pekerjaan UX Designer dalam satu tahun terakhir ada sekitar 6800 dan masuk dalam daftar pekerjaan yang paling besar pertumbuhannya versi indeks CJOF(Cognizant Jobs of the Future).

Ux Designer bertanggung jawab untuk menganalisis profil pengguna aplikasi, memvisualisasikan user flow menjadi design produk yang teruji dan indah, menyusun tata letak halaman yang ada pada aplikasi atau situs, dsb.

  1. Robotics Engineer

Tertarik membuat Robot ?, Karir Robotics Engineer saat ini sedang banyak dicari, Robotics Engineer memiliki peran untuk menciptakan dan merawat robot, selain itu kalian juga harus memastikan robot yang kalian buat berfungsi dengan baik dan aman.

Untuk menjadi Robotics Engineer, kalian harus mempelajari teknik dasar mekanika dan elektronika. Saat ini karir Robotic Engineer masih terbilang sedikit karena tempat belajarnya juga sedikit, namun saat ini sudah banyak jurusan kampus yang sudah mulai menyediakan jurusan terkait Robotic ini.

  1. Data Scientist

Dikutip dari dqlab.id, Data Scientist adalah sebuah profesi yang mengolah data dengan metode ilmiah untuk menghasilkan informasi yang akurat dan bernilai tinggi, Profesi ini sangatlah penting karena dapat mempengaruhi sebuah keputusan.

Kebutuhan profesi ini tidak sebanding dengan ketersediaan SDM yang ada, jadi peluang untuk menjadi Data Scientis masih sangat lah besar, untuk menjadi Data Scientis kalian harus menguasai ilmu matematika statistik, ilmu komputer, dan pengetahuan terhadap salah satu domain tertentu.

Bisnis ritel, bisnis distribusi, hingga kedokteran merupakan beberapa perusahaan yang sangat membutuhkan SDM yang ahli dalam Data Scientist.

  1. Cloud Engineer

Dikutip dari glints.com, Cloud Engineer adalah seseorang yang bertugas untuk membangun insfrastruktur awan yang disesuaikan dengan rancangan yang telah dibuat oleh Arsitek Cloud.

Profesi ini cukup rumit karena baru populer beberapa tahun terakhir, Cloud Engineer sendiri memiliki beragam sub kerja lagi di dalamnya dan Arsitetur Cloud termasuk didalamnya.

Jika kalian tertarik dengan profesi maka terdapat beberapa skill yang harus dikuasai seperti bahasa pemrograman (Python, R, SQL, dll), pengembangan aplikasi mobile, memahami sistem dari vendor cloud, linux, dll.

Karena perkembangan dunia digital yang semakin pesat maka bisa dikatakan bahwa profesi ini termasuk profesi masa depan yang cukup menjanjikan.

Source :

https://rencanamu.id/post/karier/berbagai-bidang-pekerjaan-dengan-lowongan-kerja-terbanyak

https://glints.com/id/lowongan/machine-learning-engineer/#.YTr4dZtR3IU

https://campus.quipper.com/careers/ui-ux-designer

https://www.dqlab.id/apa-itu-data-scientist-profesi-primadona-dibidang-data

Berita Terkait

Komentar

Leave a Comment :

Your email address will not be published.