Berita

Cara Membuat Podcast

Tidak terasa tahun sudah berubah, sebelum itu bagaimana kabar kalian para pembaca artikel web if unpas..?, semoga saja masih sehat selalu dan setia membaca artikel di web unpas. Oke seperti yang telah tertera pada judul artikel, saat ini kita akan membahas tentang cara membuat podcast tapi sebelumnya tau nggak definisi podcast itu apa..?

Ipod Broadcast (Podcast) merupakan sebuah epidose program yang tersedia di internet, Podcast biasanya berisi rekaman asli audio atau video, namun bisa juga rekaman siaran televisi, pertunjukan, atau acara lainya. Jika kita mungkin kenalnya seperti radio namun podcast berbeda dari radio karena terkadang podcast terdapat siaran video di dalamnya.

Di tahun 2020 ini saya rasa podcast masih sangat sedikit minat orang untuk membuatnya oleh karena itu bagi kalian yang ingin membuat podcast kalian sendiri berikut adalah cara dan alat-alat yang di butuhkan,

  1. Tentukan Topik dan Judul

Topik dan judul ini dapat menyangkut banyak hal, bisa dari pengalaman pembaca sekalian atau mungkin materi materi yang sudah pembaca pelajari sebelumnya dan bisa juga sebuah pembiacaraan yang tidak terlalu serius seperti candaan atau hanya sekedar pendapat, tentukan topik dan judul terlebih dahulu lalu lanjut ke langkah selanjutnya.

  1. Siapin Narasi

Walaupun topik yang ingin pembaca bahas itu hanya sekedar pendapat pribadi yang katakanlah tidak mendasar tapi tetap lah penting untuk merancang sebuah narasi karena di takutkan saat pembaca mulai untuk rekaman apa yang ingin pembaca bahas itu malah lupa dan tidak sedikit juga yang keluar dari kontek pembahasan, alangkah lebih baik jika narasi di rancang se detail mungkin agar pembaca saat rekaman akan lebih terarah.

  1. Mulai Rekaman dan Edit

Setelah topik dan judul siap dan narasi sudah aman maka pembaca sekalian siap untuk rekaman, perlu di ketahui bahwa sebenarnya membuat podcast itu tidak perlu memakai perangkat yang mahal-mahal, cukup dengan smartphone saja sudah bisa membuat podcast jika ingin lebih bagus bisa juga di tambahkan earphone atau headphone yang pembaca punya. Beda hal jika pembaca ingin menjadi podcaster yang pro dan ingin keluar modal yang lebih maka alat-alat yang di perlukan minimal adalah : Microphone Condensor, mixer, kamera (untuk podcast video), dan tentunya komputer yang memadai dan aplikasi edit audio.

  1. Bikin Cover Podcast

Covernya biasa aja juga gpp kok.. tapi jangan salah ya, bagi kalian para pembaca yang podcast nya ingin di lirik pendengar ternyata cover ini sangat lah penting karena cover yang menarik dapat membuat orang ingin meliriknya dan itu langkah awal untuk orang lain merasa penasaran dengan podcast yang pembaca buat terlepas podcast yang pembaca buat sangat menarik atau biasa saja. Jadi buat Cover Podcast kalian sebagus mungkin agar nantinya dapat di lirik orang.

  1. Proses Upload

Nah proses inilah yang membuat orang-orang bingung atau lebih tepatnya tidak tahu mungkin, jadi pembaca sekalian jika yang para pembaca ketahui hanyalah upload ke youtube saja maka pembaca sekalian salah besar, di tahun 2020 ini sudah banyak aplikasi penyedia podcast lho seperti spotify, joox, soundcloud, dll. Jadi jangan pernah berpikir jika podcast yang pembaca buat hanya bisa di youtube saja padahal para pembaca bisa menyebarkan podcast yang telah pembaca buat di segala platform yang ada di internet.

  1. Sebarkan

konten ada, narasi ada, rekaman sudah, cover aman, upload lancar, nah langkah terakhir tinggal promosi saja. para pembaca sekalian dapat mempromosikan podcast yang telah di buat ke akun-akun sosmed kalian. Jadi tinggal menunggu hasil saja.

Jika semua langkah diatas sudah pembaca lakukan maka para pembaca sudah berubah nama menjadi podcaster, selamat mencoba dan kalau pembaca sudah mempunyai podcast sebelum ini alangkah lebih baik jika kalian tuliskan di kolom komentar dan siapa tahu bisa tambah meramaikan podcast kalian.

 

Source :

https://www.apple.com/id/itunes/podcasts/fanfaq.html

Berita Terkait

Komentar

Leave a Comment :

Your email address will not be published.