Berita

Tipe -Tipe Podcast yang perlu di ketahui

Pada Artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang bagaimana cara membuat sebuah podcast atau ipod broadcast, tapi apakah kita tahu tipe-tipe podcast ?, jangan sampai kita membuat podcast yang kita sendiri tidak tahu podcast kita masuk ke tipe yang mana karena jika ingin podcast kita banyak pendengar kita harus tahu tipe spesifik dari podcast yang kita buat. Berikut adalah Tipe – tipe podcast yang perlu kalian tahu genk :

  1. Podcast Cerita

Podcast cerita ini seperti bentuk modern dari drama radio, jika dulu atau sekarang para pembaca masih suka mendengar suara dari radio maka drama radio sudah tidak asing lagi karena podcast cerita ini kurang lebih sama seperti itu. Layaknya film podcast cerita ini jika ceritanya seru pasti akan mempunyai fansnya tersendiri cuma kelemahannya biasanya butuh lebih dari satu alat perekam karena biasanya butuh dua orang untuk berdialog dalam cerita.

Kelebihan :

-Bisa dibuat sequel atau seri

-Seru

-Bisa punya fanbase

Kekurangan :

-Membuat atau mencari cerita tidak lah mudah

-Ngeditnya lumayan sulit

-Membutuhkan lebih dari satu alat perekam

  1. Podcast Perbincangan

Podcast perbincangan ini sama seperti acara talk show yang ditayangkan di tv bedanya cuma talk show tayang di tv dan memakai video tapi kalau podcast perbincangan hanya berupa audio. Podcast perbincangan ini biasanya membahas tentang kehidupan atau membahas tentang suatu topik yang sedang hangat dan yang bikin podcast perbincangan ini seru adalah opini dari bintang tamu atau host dari podcast tersebut yang membuat kita ikut berpikir bener nggak sih seperti itu kejadiannya. dll.

Kelebihan :

-Rame dan Menghibur

-Dinamika antar pembicara yang unik

Kekurangan :

-Dibutuhkannya sebuah moderator untuk mengatur jalannya podcast

-alur pembicaraan yanga gak ribet

  1. Podcast Wawancara

Podcast wawancara ini jika kita lihat lagi mungkin sifatnya sama seperti podcast perbincangan namun podcast wawancara ini lebih di tujukan untuk mewancarai bintang tamu atau lawan bicara pada podcast untuk menceritakan sebuah pengalaman atau kisah dll. Biasanya podcast wawancara ini mendatangkan bintang tamu yang sudah sukses atau mungkin ahli di bidang yang ingin di bahas untuk di wawancarai.

Kelebihan :

-Bintang tamu yang unik menjadi daya tarik tersendiri

-Konten unik yang hanya ada pada bintang tamu yang di undang

Kekurangan :

-Lumayan susah mengundang bintang tamu

-Penyesuaian jadwal dengan bintang tamu lumayan ribet

  1. Solo Podcast

Solo podcast adalah podcast yang di lakukan oleh seorang diri layaknya bermonolog, solo podcast biasanya berisi dengan pembacaan puisi, lagu, pendapat atau opini, dll.

Kelebihan :

-Ngedit lebih mudah

-Bebas tidak terikat dengan lawan bicara

Kekurangan

-Dibutuhkannya skenario

-Lelah karena ngomong sendiri

Oke mungkin itu saja tipe-tipe podcast yang perlu kalian ketahui dan bagi kalian yang sudah membuat podcast sebelumnya mari kita spesifikasikan podcast milik kalian dan mulai distribusikan.

Berita Terkait

Komentar

Leave a Comment :

Your email address will not be published.