Berita

Penerapan Facebook Page untuk Meningkatkan Perekonomian Desa Kasomalang Kulon

Kewajiban dosen tentulah bukan hanya mengajar, tapi juga melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan Tri Dharma Perguruan tinggi yang terdiri dari 3 poin, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada Masyarakat. Begitu pula dengan mahasiswa kewajibannya pun bukan hanya sekedar belajar. Peran sebagai akademisi tentunya diharapkan oleh masyarakat dapat membantu kurang lebihnya keberlangsungan kehidupan masyarakat. Berbagi ilmu dan pengetahuan kepada masyarakat luas sehingga peran dosen dan mahasiswa menjadi lebih benar-benar bermakna, bukan hanya semata mengenai tuntutan peran saja.

Oleh karena itu, pada hari Rabu 22 Januari 2020 dosen dan mahasiswa Universitas Pasundan mengadakan pengabdian masyarakat yang berlokasi di Subang, tepatnya di desa Kasomalang Kulon. Pengabdian masyarakat ini mempunyai tujuan yaitu pemanfaatan facebook page atau Halaman Facebook sebagai sarana untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Materi yang disampaikan oleh Bapak Ir. R. Djunaedi Sakam., MT selaku dosen Teknik Informatika dan dibantu oleh dosen lain dan mahasiswa yang berjumlah 4 orang yang ikut serta dalam program pengabdian masyarakat, tentunya pun bukan hanya sekedar memenuhi kewajiban untuk mengabdi kepada masyarakat. Namun menjadi ajang bagi mahasiswa untuk belajar agar dapat lebih cepat menyesuaikan diri ketika lulus nanti dalam mengabdi kepada masyarakat, juga diharapkan mahasiswa menjadi fasilitator untuk membantu masyarakat.

Mengingat semakin maraknya trend jual-beli online, maka pemanfaatan halaman facebook ini diharapkan menjadi wadah untuk memasarkan produk-produk yang sudah ada, sehingga dapat dikenal oleh masyarakat secara lebih luas. Semakin luas pemasaran produk maka akan semakin membuka peluang pembeli dari berbagai daerah ataupun kota dan pulau.

Pada kegiatan ini, pelatihan membuat halaman facebook dibantu langsung oleh keempat mahasiswa setelah penyampaian materi yang di bawakan bapak Sakam sebelumnya,  masyarakat yang mengikuti pelatihan pun sangat antusias karena ternyata masih belum banyak masyarakat di daerah Kasomalang Kulon yang dapat menggunakan facebook dan membuat halaman facebook. Bahkan masih banyak masyarakat yang minim akan pengetahuan media social, jadi masih banyak masyarakat yang belum mempunyai akun facebook, sehingga mahasiswa pun membantu masyarakat dan menjelaskan bagaimana caranya membuat akun facebook melalui smartphone.

“Kesulitannya selain pemasaran, kesulitan juga di modal yang terbatas neng” ucap salah satu warga saat berbincang bincang selepas pelatihan. “Iya neng, semoga kalau udah dikenal banyak orang, juga jadi banyak pembeli, jadi kan bisa nambah modal lagi” warga yang lain pun ikut berbicara dan mengutarakan harapannya. Dari perbincangan itulah, ternyata harapan warga dari kegiatan ini sangatlah besar. Pendapatan yang terus ada, dapat terus juga diputar menjadi modal sehingga dapat membantu perekonomian masyarakat.

Salah satu warga pun menyampaikan kesan dan pesannya “Terimakasih sekali, atas kunjungannya, atas bimbingannya, dan ini akan menjadi bekal untuk kami dalam melanjutkan produk-produk agar nantinya dapat dilihat banyak orang bukan hanya warga sekitar Kasomalang Kulon, ataupun Subang. Pesannya, semoga kegiatan yang hari ini dilakukan anak-anak mahasiswa dan para dosen dapat diberi balasan oleh Allah SWT, jangan bosan bosan juga untuk membimbing kami dengan berbagai ilmu lainnya”.

Semoga kegiatan yang dilakukan bersama-sama oleh dosen dan mahasiswa Teknik Informatika di daerah Kasomalang Kulon mengenai peningkatan perekonomian desa melalui halaman facebook dapat diterapkan oleh warga dengan baik, mengingat pemberian modul agar bisa kembali dipelajari oleh warga pun sudah dilakukan. Diharapkan bimbingan berupa praktik langsung dan modul pun dapat terus membantu warga Kasomalang Kulon. Bukan hanya pada saat ini, tapi juga dapat bermanfaat untuk kedepannya. Para dosen dan mahasiswa tentunya, sangat senang dapat berbagai ilmu dan pengalaman kepada masyarakat Kasomalang Kulon. Terlebih lagi, kami sebagai dosen dan mahasiswa dapat benar-benar menerapkan poin pengabdian masyarakat. Hal tersebutnya tentunya menambah pengalaman baru dan menyenangkan bagi Mahasiswa.

Terdapat video dokumentasi tentang acara pengabdian yang di laksanakan di Desa Kasomalang Kulon ini, cek selengkapnya pada link di bawah ini :

Berita Terkait

Komentar

Leave a Comment :

Your email address will not be published.