Berita

Intip Tentang Prodi Teknik Informatika

Tahun Akademik 2022/2023 akan segera dimulai dalam hitungan beberapa bulan lagi. Artinya kegiatan penerimaan mahasiswa baru di Universitas akan segera diselenggarakan. Termasuk SNMPTN, SBMPTN dan Ujian Mandiri. Fakultas Teknik Universitas Pasundan telah membuka jalur PMDK mulai dari 10 Januari 2022 – 23 April 2022. Informasi tersebut juga dapat dibaca lebih lengkap di instagram @fakultasteknikunpas.

Sebelum memilih jurusan, teman-teman pembaca bisa mencari tahu seluk beluk jurusan yang ada di FT UNPAS salah satunya adalah Teknik Informatika (IF) UNPAS. Jurusan IF disebut-sebut sebagai jurusan yang sedang naik daun dikarenakan peluang kerjanya yang dinilai menjanjikan karena dunia yang banyak bergerak ke arah digital.

Menurut laman UNPAS, jurusan IF mempelajari dan menerapkan prinsip ilmu computer dan analisis matematis dalam perancangan, pengujian, pengembangan, evaluasi sistem operasi, perangkat lunak hingga kinerja computer. Sehingga pembelajarannyapun akan terkait dengan pengolahan data dengan memanfaatkan teknologi computer yang menggunakan prinsip dan proses logika.

Karena itu lah, jurusan ini berkaitan erat dengan programming, pengembangan perangkat lunak, dan teknologi jaringan. Materi dasar IF utamanya terletak pada dasar matematika dan kemempuan analisis, diantaranya seperti Algoritma dan Struktur Dara, Logika Informatika, Strategi Algoritma dan lain sebagainya.

Lalu bagaimana dengan prosepek karir lulusan Teknik Informatika?

Dikutip dari detik.com yang juga mengutip dari situs Institut Teknologi Bandung, daftar referensi profesi yang membutuhkan keilmuan Teknik Informatika ialah, Software Engineer berperan dalam pengembangan perangkat lunak untuk berbagai keperluan.

Selanjutnya ada System Analyst  dan System Integrator profesi ini berperan dalam melakukan analisis terhadap sistem dalam suatu instansi atau perusahaan dan membuat solusi yang integrative dengan memanfaatkan perangkat lunak. Seorang system analyst juga akan diminta untuk melakukan pengecekan dari definisi sistem, database, sampai perangkat keras yang digunakan dalam sistem tersebut.

Lalu ada Konsultan IT, yang tugasnya adalah melakukan perencanaan dan pengevaluasian penerapan IT pada sebuah organisasi. Database Engineer atau Database Administrator, profesi ini bertugas dalam perancangan dan pemeliharaan basis data untuk suatu instansi atau perusahaan.

Kemudian Web Engineer atau Web Admnistrator yang beperan merancang dan membangun website sekaligus berbagai layanan dan fasilitas berjalan diatasnya dan juga melakukan pemeliharaan untuk website tersebut dan mengembangkannya.

Computer Network atau Data Communication Engineer, yang berperan merancang arsitektur jaringan, serta melakukan perawatan dan pengelolaan jaringan dalam instansi atau perusahaan. Programmer yang tugasnya adalah membuat sebuah program tertentu untuk suatu bidang tertentu.

Software Tester yang terkait dengan ukuran perangkat lunak, dapat juga berperan khusus sebagi penguji perangkat lunak tersebut yang juga bertanggungjawab dalam kebenaran fungsi. Game Developer¸ mahasiswa lulusan Teknik Informatika yang memperoleh ilmu computer graphic, human computer interaction dan sebagainya membuat sarjana Teknik Informatika dapat berperan sebagai pengembang perangkat lunak untuk multimedia game.

Intelligent System Developer, berbekal kemampuan Teknik Artificial Intelligence yang telah dipelajari sarjana Teknik Informatika pun dapat menjadi Intelligent System Developer. Tugasnya adalah sebagai pengembang perangkat lunak yang intelejen seperti sistem pakar, image recognizer, prediction system, data miner dan lainnya.

Digital Nomad, yang memiliki arti hidup secara nomaden alias berpindah dengan pekerjaan utamanya adalah berbasis digital, contohnya misalnya ada seorang freelancing programmer.

Selain pekerjaan yang diatas, teman-teman pembaca juga dapat menjadi seorang pebisnis atau yang biasa disebut start up. Saat ini sudah banyak perusahaan IT yang terlahir, bahkan banyak yang mempunya kantor ataupun yang berada dirumah. Jadi, apakah sudah tertarik untuk menjadikan Teknik Informatika sebagai jurusan pilihanmu?

Berita Terkait

Komentar

Leave a Comment :

Your email address will not be published.