Berita

Kemenangan MBKM Diginove 2021

Prodi Teknik Informatika UNPAS — Kang Rizal mahasiswa angkatan 2018 bersama dengan timnya yang berasal dari beberapa Universitas berbeda yaitu Malik Fajar (Bisnis Digital UNPAS), Hasbi (Politeknik Keuangan Kutaraja Banda Aceh), dan Calvin (SI Maranata) berhasil memenangkan program MBKM Diginove 2021.

Program tersebut di prakarsai oleh Kemendikbud yang bekerjasama dengan ITB. Programnya adalah membuat startup digital, membangun sebuah produk yang dapat menyelesaikan masalah nyata yang terjadi di masyarakat. Pengerjaan dimulai dari ide bisnis, prototype development, product dan business development.

Lomba tersebut terdiri dari salah satu rangkaian acara yakni Ideation Competition & Hackaton yang diakhir, tim akan mempresentasikan ide bisnis dan working product kepada dewan juri. Perlombaan tersebut membuat masing-masing anggota startup memiliki role, yaitu hacker oleh kang Rizal, Hipster oleh kang Malik, Hustler oleh kang Hasbi dan kang Calvin.

“Hacker itu mengerjakan produknya jadi dibagian product development itu saya fullstack semuanya di kerjakan oleh hacker, Dan fullstack itu kalo dipecah lagi itu ada lingkup backend dan juga frontend, kalo dibackend itu mulai dari menganalisis sistem, membuat ERD dan database, membuat API, membuat admin panel, membuat dasboard, mengintegrasikan aplikasi backend, mengamankan aplikasi, sampai deployment aplikasi ke server, dan di frontend itu mulai dari slicing dari ui design ke code, integrasi dengan backend sampai deployment aplikasi. Lalu hipster itu sebagai desainer, ui/ux, dan yang berhubuhungan dengan visual dan Huster itu yang menjual, mengatur keuangan,networking  dan membuat strategi bisnis supaya bisa masuk ke pasar.” Ujar kang Rizal.

Kang Rizal pun bercerita mengenai alur perlombaannya yang dimulai dari  interview calon customer, mentoring, kemudian ada tahap ideation itu product vision definition, market analisis, bunisess model dan lain-lain, setelah itu ada juga tahap market validation yaitu interview, pict experiment, costumer journey and concierge dll, kemudian membuat MVP, working product dan MVP feedback.

Terakhir berdasarkan hasil penilaian terkait dengan pemenang Competition Kegiatan MBKM Diginove 2021 oleh dewan juri yang dilaksanakan pada 13-18 September 2021 dan diumumkan pada tanggal 10 Oktober 2021 melalui Zoom. Sebelum perlombaan sudah dilakukan merancang ide bisnis yang termasuk dalam rangkaian inkubasi.

Keuntungan yang didapat oleh Kang Rizal dan tim, salah satunya adalah mendapatkan hadiah berupa uang tunai dan pendanaan yang juga didapatkan oleh semua tim yag mengikuti selain itu juga mendapatkan surat keputusan para dewan juri dan saat program berakhir mendapatkan sertifikat.

Pendanaan yang diberikan dimaksudkan untuk membangun startup yang dapat digunakan untuk menghire orang, membeli source code dan lain-lain. Informasi program MBKM Diginove ini didapatkan dari salah satu dosen yang menyebarkan di grup, kemudian kang Rizal pu mencba mendaftar dan diterima, prosesnya tentu ada seleksi dan syarat administrasi yang harus dipenuhi setelah itu ada sekitar 100 orang yang diterima dari berbagai Universitas di Indoensia, salah satunya adalah kang Rizal. Pendampingan yang dilakukan oleh pihak Prodi Teknik Informatika UNPAS pun dilakukan oleg pak Fajar melalui WhatsApp.

Kang Rizal juga menyebutkan bahwa dengan mengikuti kegiatan ini yang timnya berasal dari universitas dan jurusan yang berbeda maka senang bisa sharing ilmu dan juga bisa belajar memanage tim dan mencoba membuat startup itu seperti apa.

Berita Terkait

Komentar

Leave a Comment :

Your email address will not be published. Required fields are marked *