Berita

KRIK FIX : Usaha Rintisan Fresh Graduate Teknik Informatika UNPAS

KRIK FIX : Usaha Rintisan Fresh Graduate Teknik Informatika UNPAS

Teknologi digital memang telah memungkinkan siapa saja untuk menjadi pengusaha. Bagi sebagian fresh graduate, merintis usaha adalah salah satu pilihan ketika lulus dari kampus. Tak terkecuali seorang lulusan Teknik Informatika UNPAS, Fikry Andias Praja. Mahasiswa yang baru di wisuda bulan maret 2018 lalu itu sering dikenal garing alias ‘KRIK’, maka ia menamai produk rintisannya “KRIK FIX”. Berangkat dari sanalah ia ingin mempunyai produk dengan branding yang mencirikan “gue banget”, tuturnya.

Dengan tagline “Fix your krik”, Fikry berharap produk makanan olahan singkong ini bisa mencairkan suasana yang KRIK menjadi asyik. Adapun ide awal pembuatan produk ini adalah karena melihat teman-teman disekitar rumahnya banyak yang menganggur dan ingat pesan kakeknya bahwa ia harus berguna bagi orang-orang sekitar. Fikry yang berdomisili di daerah Tanjung Siang, Kabupaten Subang ini menuturkan bahwa di daerahnya banyak perkebunan singkong, tapi sayangnya minim produk olahan singkong. “Jadi rata-rata cuma kirim bahan aja, orang lain yang ngolah. Ada produsen kripik lokal, tapi packaging dan sebagainya masih belum bagus, jadi susah bersaing dipasaran”.

Kesulitan yang dihadapi saat merintis usaha ini pun beragam, mulai dari waktu (karena ia full time kerja di salahsatu development software), masalah dana, pemasaran (karena belum banyak dikenal orang-orang), dan produksinya pun berat (dari menyiapkan bahan, kemasan, rasa di handle sendiri, meskipun prakteknya dibantu dengan keluarga). Dan ia mengucapkan Terima Kasih kang Rio Rinaldi yang sudah membuatkan kemasan yang kreatif. Inilah satu add value dari sebuah relasi.

Adapun kemunculan perdana produk ini adalah ketika acara IT PHORIA yang diselenggarakan beberapa minggu lalu. Fikry membuka stand bazzar untuk mempromosikan produk unggulannya. Untuk modal sendiri ia mengaku tidak ingin merepotkan pihak lain, karena ia sudah bekerja, dari hasil kerja itulah ia sisipkan untuk dana eksperimen kripik.

Camilan ini pun sangat cocok untuk menemani kita mengerjakan tugas, ngoding, atau sekedar berselancar disosial media. Memang benar-benar pas tagline “FIX YOUR KRIK”, karena suasana krik jadi lebih asyik dengan kehadiran camilan ini.

Bisnis camilan memang tiada habisnya dari masa ke masa. Baru-baru ini Warganet dikenalkan dengan kehadiran ES KEPAL MILO yang begitu viralnya. Merespons hal tersebut, Fikry membuat inovasi terhadap produknya, yakni KRIK FIX KEPAL MILO. Adapun keunggulannya yaitu komposisi dan arti tiap rasanya. Rasa yang ditawarnya yaitu: TARO (Tatapan Rasa Jomblo), Greentea (Gabut jadi lebih berartea), Coklat (Cocok Dimakan Saat Telat), Original (Yang Ori Selalu dihati), Cape Deh (Rasa Jeruk Nipis). Baginya, Kreatif itu harga mati untuk anak muda.

Sebuah motivasi dari Fikry untuk kita semua, yaitu “Kita harus berguna sekecil apapun untuk masyarakat, kita kan makhluk paling sempurna katanya, malulah kalau tidak ada kontribusi, jangan memikirkan diri sendiri, kan lebih bagus tuh, masih muda udah berguna” –tuturnya.

Nah, bagaimana? Luar biasa kan ide dari seorang fresh graduate Teknik Informatika UNPAS ini?

Masa muda memang jenjang kehidupan yang paling optimal. Sayang sekali kalau kita tidak memaksimalkan potensi kita dengan ide-ide segar. Ketika lulus dari perkuliahan, membuat sebuah usaha rintisan adalah alternatif solusi bagi seorang Sarjana. Selain tidak mengandalkan kerja di orang lain, kita juga bisa membuka lapangan kerja.

SEMOGA TERINSPIRASI! J

Berita Terkait

Komentar

Leave a Comment :

Your email address will not be published.