Berita

Membangun Website menggunakan Google Sites

Seperti yang kita tahu bahwa startup-starup maupun perusahaan yang sudah berkembang cukup cepat membutuhkan sebuah website sebagai media penyebaran informasi sekaligus untuk pemasaran produk atau jasa yang akan mereka bagikan kepada customer, bahkan untuk cafe-cafe kecil atau pedagang kecil yang tidak mempunyai kantor fisik pun sekarang mulai menggunakan website sebagai media penjualannya oleh karena ini Google menyediakan Google sites dimana Google sites ini memang di peruntukkan untuk membuat website secara mudah dan cepat.

Bisa dikatakan bahwa Google sites ini merupakan sebuah layanan website builder yang berarti tempat untuk membuat website dimana dalam pengoperasiannya sangat mudah karena kita hanya tinggal melakukan drag and drop saja, disamping kemudahannya google sites juga siap hosting dan domain jadi saat kita telah selesai membuat website yang kita ingin kan maka kita hanya tinggal publish saja dan setelah itu kita dapat menemukan website kita di mesin pencarian Google.

Penggunaan website untuk kebutuhan pemasaran saat ini sungguh penting disamping website kita akan selalu beroperasi 24/7 secara penuh untuk meningkatkan penjualan website juga dapat menjadi bukti seberapa profesional usaha yang kita bangun. Sebelum membuat sebuah website menggunakan Google Sites berikut kelebihan yang dimiliki Google sites, diantaranya :

  1. Cocok untuk pemula dalam membuat website/situs. Pembuatan situs mudah dan gampang dan tidak memerlukan kemampuan programming apapun.
  2. Anda memiliki kontrol penuh pada akses halaman dan situs Anda dan izin untuk membagikan kontrol tersebut
  3. Tidak perlu mengunduh aplikasi apapun, dapat langsung dibuka dari browser Anda dan sudah terintegrasi dengan aplikasi Google lainnya.

Setelah mengetahui kelebihan dari Google Sites mari kita coba bersama-sama membangung sebuah website /situs menggunakan Google Sites, terdapat 2 cara untuk membuka Google sites, yaitu :

1.     Melalui Situs Google Sites

a.     Kunjungi Situs Website Google Sites > sites.google.com

b.     Pada bagian kanan bawah, klik tanda ‘+’ untuk membuat situs/website baru

2.     Melalui Google Drive

a.     Masuk ke dalam akun Google Drive Anda

b.     Klik sisi kiri atas, dan tombol ‘+ Baru’ akan muncul

c.     Klik pilihan ‘Lainnya’

d.     Kemudian pilih ‘Google Sites’

Dan setelah mengikut langkah diatas, Anda akan diarahkan ke halaman seperti dibawah ini.

Di halaman diatas pada kotak nomor 1 anda dapat menuliskan sebuah judul pada website anda misalnya “Website Kopi Nusantara” atau yang lainnya, lalu pada kotak nomor dua anda dapat menuliskan nama perusahaan atau nama starup anda dan anda juga dapat menggunakan gambar atau logo anda sebagai nama disana, lalu pada kotak nomor 3 anda dapat memberikan sebuah judul halaman seperti “Kopi terenak di Nusantara” dan yang lainnya.

Lalu untuk menambahkan sebuah halaman atau ingin menyisipkan sesuatu atau mengubah suatu tampilan anda dapat melihat pada bar sebelah kanan dimana bar tersebut terdapat 3 menu (Sisipkan, Halaman, dan Tema), di dalam menu-menu tersebut anda dapat memaksimalkan semua hal yang ingin anda tampilkan di website. Seperti mengubah jenis font yang ingin di inginkan lalu menambahkan menu lain di website anda dan membuat bagian-bagian web lainnya.

Walaupun Google sites masih terbilang terbatas dalam segi pemaksimalan website profesional lainnya namun penggunaan Google sites tetap masih menjadi yang paling mudah karena bisa dibilang perintah-perintahnya sangat simple dan mudah di pahami ketimbang website builder lainny. Dan jika anda sudah selesai dalam membangun sebuah website maka anda tinggal mempublish website tersebut dan menuliskan alamat domain yang anda inginkan, dan jika anda memiliki alamat domain tersendiri maka anda hanya tinggal mendaftarkannya di Google Sites tersebut.

sumber :

Kelas Digital Marketing oleh Gapura Digital 12 November 2019

 

Berita Terkait

Komentar

Leave a Comment :

Your email address will not be published.