Berita

How to Secure your Laptop..?

Berbagai Informasi dan data sudah sangat mudah untuk di dapatkan, singkatnya apa yang terjadi di belahan bumi lainnya dapat kita dapatkan informasi tentang bagaimana situasi dan keadaannya. Tidak hanya informasi tentang peristiwa yang terjadi saat ini namun informasi tentang kehidupan orang lain dapat kita ketahui lewat gadget kita dan begitu pula sebaliknya, bisa saja hanya dengan meminjamkan ponsel kita kepada teman berakibat fatal.

Tidak salah meminjamkan ponsel kepada teman namun jika karena kejadian tersebut teman kita dapat mengetahui segala rahasia yang ada di dalam ponsel kita. Tidak hanya ponsel, laptop dan komputer juga dapat membuat privasi kita di langgar karena saat teman-teman kita mengetahui password laptop atau komputer kita bisa saja teman kita melakukan sesuatu yang nantinya dapat merugikan kita kedepannya.

Oleh karena itu penting sekali untuk mengamankan gadget kita walaupun tidak ada hal berharga yang kita simpan di dalam gadget kita, karena seorang hacker terkadang tidak membutuhkan informasi mengenai kehidupan kita namun hanya membutuhkan laptop kita untuk melakukan sebuah kejahatan.

Berikut langkah-langkah yang dapat anda lakukan untuk mengamankan sebuah laptop atau komputer :

  1. Perbaharui setiap perangkat lunak dan sistem keamanan

Bagi pengguna Windows mungkin suara notif dari pembaharuan perangkat lunak sangatlah mengganggu namun hal tersebut tetaplah penting, karena selain memperbaiki bug yang ada di dalam laptop kita dan menambahkan fitur bisa saja saat itu juga pembaruan perangkat lunak berdampak untuk menutup celah keamanan yang ada pada laptop kita.

Tapi kita harus tetap waspada karena tidak semua pembaruan itu berasal dari sumber yang terpercaya alias pembaruan palsu, ini mungkin digunakan oleh peretas untuk membujuk kita untuk mengklik tautan atau memasukkan sebuah kredensial, jadi solusi yang terbaik adalah melakukan cek pembaruan pada web yang terpercaya atau konsultasi kepada teman yang kita percaya untuk meminimalisir kesalahan.

  1. Tambahkan sebuah screen guard atau pengaman layar

Tidak hanya lewat aplikasi saja tetapi pembobolan dapat dilakukan secara langsung seperti melihat layar laptop yang anda gunakan di saat yang bersamaan saat anda sedang bertransaksi sesuatu hal yang penting, saat hacker mengetahui secara langsung hal apa saja yang anda lakukan terhadap laptop anda bisa saja hal tersebut di manfaatkan untuk melakukan spionase atau pengintaian.

  1. Tutup kamera laptop

Mungkin menutup kamera laptop sebuah hal yang sepele dan tidak berdampak buruk, tapi tahukan anda bahwa ternyata kamera laptop kita walaupun tidak pernah kita gunakan kamera tersebut akan selalu menyala dan bisa saja hal ini membuat hacker memantau setiap aktivitas yang kita lakukan tidak hanya pada laptop kita namun mengetahui siapa kita dan bagaimana rupa kita.

  1. Install Antivirus dan anti spyware software

Memasang sebuah antivirus sudah menjadi hal yang wajib untuk kita lakukan namun tahukah bahwa kebanyakan dari kita memasang sebuah antivirus bajakan bukan berarti antivirus tersebut palsu atau tidak berjalan seperti semestinya namun saat kita melakukan crack pada sebuah antivirus bisa saja crack tersebut adalah sebuah virus yang membuka jalan bagi hacker atau untuk melemahkan antivirus yang kita install.

Jadi jika tidak mampu untuk membeli sebuah antivirus dengan lisensi berbayar alahkah lebih baik jika kita mengandalkan sistem firewall pada laptop kita masing-masing ketimbang antivirus bajakan.

  1. Gunakan VPN

VPN atau Virtual Private Network disini tidak hanya untuk menjelajah situs-situs yang di blok oleh pemerintah atau provider namun berdampak juga untuk pengamanan gadget kita pada saat melakukan browsing di internet. Karena saat kita Online dan menggunakan sebuah VPN semua lalu lintas internet kita di enkripsi dan di salurkan melalui sebuah server sementara.

Tidak hanya itu fungsi dari VPN juga dapat menutupi IP Address gadget kita dan menggantinya dengan IP Address yang lain sehingga ISP anda tidak dapat memantau aktivitas kita.

  1. Enkripsi Hard Drive

Sangat sedikit orang yang menyadari pentingnya memberikan sebuah password pada hard drive, kenapa harus kita enkripsi jika laptop kita sudah kita beri password. Pengenkripsian Hard Drive digunakan untuk berjaga-jaga jika gadget kita yaitu laptop dicuri oleh seseorang dan orang tersebut bingung untuk membuka password laptop kita dan lebih memillih untuk membongkar laptop kita dan memindahkan hard drive kita ke perangkat lain.

Hal tersebut berakibat semua data yang ada pada hard drive kita dapat di lihat dan di curi oleh orang tersebut. Untuk enkripsi harddrive kita dapat menggunakan aplikasi seperti bitlocker.

  1. Edukasi diri sendiri untuk mengetahui gejala-gejala kerentanan gadget kita

Pada saat gadget kita tersambung ke internet melalui sebuah wifi dari suatu tempat seperti kedai, warung, resto, dll sebaiknya kita mengecek jaringan tersebut alangkah lebih baik jika kita tidak asal dalam mengkoneksikan laptop kita ke jaringan umum yang belum jelas keamanannya.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat anda lakukan untuk mengamankan perangakat anda terkhusus laptop atau komputer anda, banyak langkah yang dapat anda cari di internet namun langkah diatas adalah langkah terbaik yang dapat anda lakukan secara praktis dan mudah. Sekali lagi jangan membuat sesal diri anda sendiri hanya karena data dan informasi di dalam perangkat anda di bobol dan di salah gunakan.

Source :

https://privacy.net/how-to-secure-your-computer/

https://elie.net/blog/privacy/ten-simple-steps-for-keeping-your-laptop-secure/

https://www.techradar.com/uk/news/mobile-computing/laptops/10-ways-to-secure-a-laptop-1148348/2

Berita Terkait

Komentar

Leave a Comment :

Your email address will not be published.