Berita

Pentingnya Menulis bagi Mahasiswa Teknik

Prodi Teknik Informatika UNPAS – Pramoedya Ananta Toer pernah berkata bahwa Menulis adalah sebuah keberanian, namun faktanya tidak semua orang gemar menulis karena kegiatan menulis dinilai sebagai sesuatu hal yang membosankan.

Mungkin kita terbiasa berkomentar di sosial media, kita beropini berdasarkan pendapat pribadi, sebagai orang terpelajar seperti mahasiswa akankah kita terus berkomentar tanpa adanya dasar ?, tentu tidak. Bekomentar boleh namun tulisan yang kita buat akan lebih bermanfaat jika dijadikan sebagai karya tulis.

Bagi Mahasiswa, kemampuan menulis merupakan salah satu aspek kemampuan berbahasa yang sangat penting, dengan kemampuan tersebut, mahasiswa dapat mengungkapkan ide, pikiran, kreativitas, dan kemampuannya melalui tulisan, tentunya untuk menyelesaikan Skripsi, Tugas Akhir, dsbnya sebagai salah satu syarat kelulusan.

Menulis juga menjadi hal yang harus ditelateni, khususnya bagi mahasiswa Teknik dimana dalam pembuatan makalah, jurnal penelitian, hingga proposal kegiatan dan penelitian sudah dilakukan dari awal masuk kuliah.

Pengalaman dari beberapa Mahasiswa Fakultas Teknik UNPAS beranggapan bahwa kebiasaan menulis harusnya tidak dilakukan saat sedang mengerjakan karya tulis saja. Apabila menulis hanya dilakukan saat ada tugas kuliah , kedepannya kita akan mengalami kesulitan bahkan kesalahan pada saat pengerjaan dikarenakan tidak terbiasa dan hal tersebut benar terjadi.

Mahasiswa Teknik pasti sudah paham jika dalam menulis karya ilmiah selain dibutuhkan kemampuan menulis yang baik, mahasiswa juga dituntut untuk mengikuti syarat dan aturan penulisan yang telah di tetapkan oleh kampus, dan sering kali mahasiswa tidak hanya kesulitan memahami apa yang harus ditulis tapi juga bagaimana membuat karya tulis sesuai dengan template yang diberikan oleh kampus.

Cara Melatih Kemampuan Menulis bagi Mahasiswa Teknik

Berbeda dengan siswa, Mahasiswa tak bisa lepas dari tugas menulis. Oleh karena itu mau tidak mau mahasiswa wajib mempunyai kemampuan menulis, bagi kamu yang masih merasa kesulitan menulis, berikut beberapa tips yang dapat dipraktekkan agar kemampuan menulismu dapat meningkat.

  1. Kembangkan Imajinasi

Tidak hanya dalam menulis sebuah novel saja yang membutuhkan Imajinasi, membuat karya tulis juga butuh imajinasi yang baik. Mahasiswa sering mentok dalam merangkai kata-kata dan berhenti untuk melanjutkannya. Oleh karena itu kembangkan imajinasimu, pikirkan hal-hal menarik agar dapat menginspirasimu untuk menulis. Jika memang benar-benar sudah buntu alangkah lebih baik jika kamu beristirahat terlebih dahulu barangkali kamu sudah mulai lelah.

  1. Buat Kerangka Tulisan

Kerangka tulisan berfungsi untuk memudahkanmu dalam menulis, dengan adanya kerangka tulisan kamu tidak akan mengalami kesulitan saat ingin menyelesaikan karya tulismu secara utuh. Kerang tersebut akan membantumu agar tulisanmu dapat lebih terarah dan tidak keluar dari topik yang kamu bahas pada karya tulismu.

Secara umum karya tulis terdiri dari pendahuluan, isi, dan penutup. Namun dalam penulisan Skripsi atau tugas akhir kamu sudah diberi template, jadi kamu tidak perlu pusing lagi untuk membuat kerangka tulisanmu sendiri.

  1. Praktek

Kemampuan menulis enggak akan ada kemajuan tanpa adanya latihan atau praktek, jika kamu menunggu tugas terlebih dahulu baru akan melatih kemampuan menulismu, maka bisa dipastikan kesulitan dan koreksi dari dosen yang begitu banyak akan membuatmua geram.

Untuk berlatih menulis kamu tidak diwajibkan untuk memenuhi standar tertentu, karena dalam berlatih menulis kamu dapat menuliskan apapun yang kamu mau, tidak perlu membahas tentang topik berat yang ada di kampus namun tulis saja topik ringan dan cobalah untuk tidak mentok atau kehilangan inspirasi saat menulis.

  1. Cari Referensi

Kamu sudah membuat kerangka tulisan dan mencoba untuk praktek tapi masih mengalami kesulitan ?, tenang awal-awal memang sulit, jika hal tersebut masih terulang terus menerus mungkin sudah waktunya kamu untuk mencari referensi.

Banyak karya tulis diluar sana yang dapat menginspirasimu untuk membuat paragraf yang singkat, padat, dan jelas. Untuk memulai latihan cobalah untuk mengcopy salah satu paragraf yang menurutmu baik dan sesuaikan dengan topik yang sedang kamu bahas. Pertahankan hal tersebut hingga kamu menemukan kemampuan menulismu sendiri.

  1. Jangan Takut Salah

Dalam belajar, salah adalah hal biasa. Tidak mungkin dalam sekali praktek kamu tidak menemukan kesalahan dalam tulisanmu, atau saat tulisanmu sudah selesai kamu merasa tidak yakin bahwa tulisan yang kamu buat benar.

Jika kamu berpikir seperti itu percayalah kamu tidak akan pernah beranjak dari kemampuanmu saat ini. Yakinlah kepada tulisan yang kamu buat dan coba berikan seseorang untuk mengoreksinya, dengan adanya pendapat dari orang yang membaca tulisanmu dapat membuatmu tahu mana yang salah dan mana yang benar.

  1. Minta Koreksi dari Dosen

Jika semua poin diatas sudah dipraktekkan maka poin terakhir ini menjadi cobaan terbesar bagi mahasiswa, setelah kamu udah jago nulis dan membuat beberapa karya ilmiah tidak mungkin juga kan karya tersebut akan kamu diamkan saja. Bisa jadi karya tulis yang sedang kamu buat dapat di ikutsertakan dalam perlombaan penulisan karya ilmiah.

Untuk dapat mengikuti perlombaan bergengsi seperti itu, tidak mungkin kamu dengan pdnya memberikan karya tulis buatanmu tanpa mengetahui apakah tulisan mu memiliki potensi menang dalam perlombaan tersebut.

Jadi hubungi dosen yang kamu percaya untuk mereview karya tulis yang kamu buat, saran dan kritik yang dosenmu berikan dapat membuatmu tahu mana bagian yang salah dan benar, dan jika tulisanmu sudah diterima oleh dosenmu maka kualitas tulisanmu sudah tidak diragukan lagi.

Sekian tips yang dapat disampaikan, semoga dapat dipraktekkan saat ini juga agar dapat membuatmu lebih mudah dalam menulis karya tulis sebelum semuanya terlambat. Selamat mencoba.

Source :

https://www.kompasiana.com/www.nuralfiyah.com/5517f964a33311af07b6621e/pentingnya-menulis-bagi-mahasiswa

https://news.okezone.com/read/2015/11/04/65/1243680/cara-meningkatkan-kemampuan-menulis-mahasiswa

 

Berita Terkait

Komentar

Leave a Comment :

Your email address will not be published. Required fields are marked *