Berita

Menjadi Mahasiswa Baru saat Pandemi ?, Lakukan beberapa hal ini agar kuliahmu lancar

Teknik Informatika UNPAS – Siapa yang tahun ini terdaftar menjadi Mahasiswa Baru ?, atau sedang menjalani keseharian sebagai mahasiswa baru ?, jika iya, saya ucapkan selamat karena kamu sudah memasuki dunia baru yang tentu sangat berbeda dengan masa-masa sekolah sebelumnya.

Menjadi Mahasiswa Baru di sebuah perguruan tinggi memang terdengar menyenangkan namun status itu membawa tanggung jawab baru bagi kamu yang sama sekali belum mengetahui bagaimana rasanya menjadi mahasiswa, kamu harus lebih dewasa dari sebelumnya.

Kuliah di Masa Pandemi COVID-19

Banyak hal yang dapat dilakukan bagi kamu yang baru saja diterima sebagai mahasiswa baru, bertemu dan mengenal orang-orang baru secara langsung sebagai maba, mendapatkan rekan baru yang dewasa dan solid, merasakan berkeliling kampus, hingga mengenal organisasi kampus yang menantang.

Pada faktanya, saat ini Indonesia masih dalam keadaan pandemi COVID19, banyak kegiatan kampus harus dilakukan secara daring. Hal tersebut disusul dengan pernyataan resmi dari pemerintah yang menyatakan bahwa saat PPKM berlangsung pelaksanaan kegiatan belajar mengajar (Sekolah, Perguruan Tinggi, Akademi, Tempat Pendidikan/ Pelatihan) dilakukan secara daring/ online.

Mau tidak mau, mahasiswa baru tahun akademik 2021/2022 harus melalui Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) hingga kegiatan pembelajaran secara daring dengan memanfaatkan media daring seperti Zoom, Youtube, Microsoft Teams, atau media relevan lainnya.

Walaupun banyak yang sudah mulai terbiasa dengan pembelajaran Daring, tak jarang mahasiswa baru akan menemui kesulitan dalam mengenali karakter dosen hingga memahami materi yang diajarkan dalam kelas virtual.

Saat ini Perguruan Tinggi sedang berlomba-lomba melakukan inovasi dalam pengoptimalan proses belajar mengajar, dari mulai penyediaan website pembelajaran yang dapat diakses oleh mahasiswa hingga merekam kegiatan belajar mengajar dan mengupload nya ke Youtube agar dapat dilihat kembali oleh mahasiswa jika mereka tertinggal materi sebelumnya.

Hal yang dapat mahasiswa Baru lakukan

Karena Kultur mahasiswa sangatlah berbeda dengan siswa, Mahasiswa Baru akan merasa sangat asing dan membutuhkan waktu yang lama untuk beradaptasi dengan kuliah daring, jadwal yang tidak terstruktur dan tugas yang lebih banyak dibandingkan saat berstatus siswa membuat mahasiswa baru harus pandai dalam manajemen waktu. Ingin kuliah pertamamu sebagai mahasiswa Baru berjalan lancar, lakukan beberapa hal sebagai berikut.

  1. Mencatat Jadwal Kuliah dengan Baik

Sebagai mahasiswa baru, kamu harus mempersiapkan segala hal dengan sangat baik, jadwal kuliah yang sudah kamu terima harus disusun dengan baik, sebelum pandemi kamu akan terbiasa dengan jadwal kuliah dalam minggu pertama hingga minggu kedua.

Namun saat pandemi, kamu akan melakukan perkuliahan daring di rumah atau kost, jika kamu tidak teliti dengan kapan jadwal kuliahmu, bisa jadi kamu akan lupa atau terlambat karena sedang melakukan hal lain di rumah atau kost.

Aturlah alarm pengingat 15 menit hingga 30 menit sebelum kuliah berlangsung agar kamu tidak lupa apalagi terlambat masuk kelas virtual.

  1. Menyimpan nomer penting

Menyimpan nomer yang berkaitan dengan kuliahmu sangatlah penting, jika terjadi masalah tidak mungkin kamu akan datang ke kampus dan mengurusnya. Hal sepele seperti presensi yang tidak masuk dapat mempengaruhi nilaimu walaupun kenyataannya kamu menghadiri kelas virtual tersebut.

Jika kamu tidak menyimpan nomer pengurus absensi, permasalahanmu akan bertambah tidak hanya mengurus presensi namun harus meluangkan waktu mencari nomer pengurus tersebut. Itu baru masalah presensi jika nilai ujian atau nilai praktikum ?

  1. Aktif dalam grup kelas

Aktif dalam grup kelas juga menjadi salah satu hal yang harus kamu lakukan, selain bersosialisasi dengan teman sekelas, kamu juga dapat membahas sebuah topik pelajaran yang tidak kamu pahami di kelas.

Selain itu kamu juga dapat mempelajari karakter teman kelasmu melalui keaktivannya di grup, dengan begitu kamu dapat memilih teman yang cocok dengan mu agar nantinya dapat diajak diskusi dsb.

  1. Kenali Karakter Dosen dengan baik

Bertemu dosen secara langsung saja belum tentu hafal dengan karakternya apalagi melalui media daring ?, pada dasarnya mengenal karakter seseorang itu susah namun mau tidak mau kamu harus melakukannya.

Terdapat dosen yang suka memberi nilai lebih untuk mahasiswa yang tidak pernah telat, yang selalu aktif bertanya, hingga dosen yang langsung memberi nilai buruk jika kesan pertama yang ia dapat tentangmu jelek. Dengan mempelajari karakter Dosen kamu dapat menghindari beberapa hal yang akan merugikanmu kedepannya.

  1. Menjalin Interaksi dengan Senior

Selain menjalin hubungan baik dengan teman sekelas dan dosen, penting bagimu untuk mengenal seniormu. Dengan mengenal senior, kamu selangkah lebih maju dari teman-temanmu dalam mengakses informasi.

Seperti mengetahui karakter Dosen, jika kamu tidak ingin repot-repot mengamati tingkah dosen akan lebih cepat jika kamu bertanya pada seniormu sudah mengenal dosen tersebut. Selain itu materi-materi yang tidak kamu ketahui dan kamu enggan bertanya pada dosen, kamu bisa tanya seniormu yang lebih tahu dari kamu.

  1. Semangat menjalani Kuliah Daring

Poin nomer 6 ini adalah poin yang paling penting dan paling berpengaruh, kehidupan kuliah memang tidaklah mudah dan menjadi mahasiswa baru merupakan sebuah tantangan nyata yang membuatmu berpikir dua kali untuk melanjutkan atau menyudahinya.

Percayalah jika kamu tidak pandai memotivasi dirimu, kuliah daring akan sangat membosankan, cari sesuatu yang membuatmu tertarik dalam menjalani kuliah daring, jika sudah kamu temukan, anggaplah hal tersebut seperti mantra yang akan terus kamu ulang jika kamu merasa lelah dan suntuk dalam menjalani kuliah Daring.

Source :

https://nasional.kontan.co.id/news/aturan-terbaru-ppkm-level-4-ini-daftar-lengkap-kabupatenkota-level-3-dan-4

https://yoursay.suara.com/news/2020/11/09/124700/menjadi-mahasiswa-baru-dalam-kemelut-pandemi-covid-19

Berita Terkait

Komentar

Leave a Comment :

Your email address will not be published.