Berita

Bagaimana cara menjaga kesehatan mental dalam menjalani Kuliah Online ?

Masih lanjut ini kuliah Online ?, Bosen banget, nggak ngerti lagi

Teknik Informatika UNPAS – Dilansir dari kemlu.go.id, dalam kerangka Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), pemerintah menetapkan rincian pengaturan mobilitas dan aktivitas dimana salah satu poin menyatakan bahwa pelaksanaan kegiatan pembelajaran dilakuka secara daring.

Pada bulan Desember 2020 lalu, Kemendikbud menegaskan bahwa di perguruan tinggi, politeknik/ akademi komunitas pada semester genap tahun akademik 2020/2021 dapat dilakukan secara campuran (hybrid learning), namun sejauh ini kasus Covid-19 di Indonesia bukannya mengalami penurunan malah makin meningkat.

Harapan untuk menjalani kuliah secara tatap muka setelah WFH selama setengah tahun lebih tiba-tiba sirna karena kondisi yang tidak memungkinkan. Saat kuliah daring banyak mahasiswa yang mengalami rasa jenuh dan stress. Hal yang dirasakan mahasiswa pada semester 2019/2020 sepertinya akan terulang lagi pada semester 2020/2021.

Karena belajar merupakan sebuah kewajiban dan mahasiswa memiliki tanggung jawab untuk menyelesaikan masa studi kuliahnya, jadi bagaimana cara mengatasi rasa jenuh dan stress ?, berikut beberapa tips menjaga kesehatan mental dalam menjalani kuliah daring.

  1. Memiliki Pola Hidup yang Teratur

Hal pertama yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mental, dimulai dengan mengatur dirimu sendiri. Mengatur pola hidup versi kuliah daring dapat disesuaikan dengan aktivitas yang kamu sukai.

Seperti mengatur jadwal olahraga, jadwal belajar, kuliah, membersihkan kostan, olahraga hingga jadwal tidur. Hindari penyakit malas, berusahalah untuk memotivasi dirimu sendiri untuk menerapkan aturan yang telah kamu tetapkan.

Kamu mungkin merasa kuliah daring seperti hari libur, minggu pertama kedua mungkin menyenangkan untuk bermalas-malasan, tapi jika berbulan-bulan bukan hanya fisikmu saja yang lelah, kamu juga akan merasa jenuh, bosan, hingga stress. Itulah fungsi memiliki Pola Hidup yang teratur karena kamu memiliki kegiatan yang jelas setiap harinya.

  1. Batasi menggunakan Smartphone

Membatasi penggunaan Smartphone merupakan hal yang sangat penting. Kondisi yang mengharuskan kamu untuk selalu di rumah menjadikan Smartphone satu-satunya hiburan saat TV menayangkan acara yang tidak kamu sukai.

Perlu diketahui bahwa penggunaan Smartphone yang berlebihan memiliki efek buruk bagi pikiran dan mental seseorang, banyaknya informasi pada media sosial dapat menimbulkan perubahan emosi yang tidak teratur seperti tiba-tiba merasa takut, khawatir, dan cemas.

Selain itu waktu yang kamu habiska untuk menatap layar Smartphone dapat membuat mata menjadi lelah. Jadi setelah selesai kuliah daring cobalah untuk beristirahat dari menatap layar.

  1. Tetap Bersosialisasi

Jangan biarkan dirimu kesepian, percayalah hal itu sangat buruk bagi kesehatan mentalmu. Tetaplah bersosialisasi, jika kamu sedang bersama keluarga, sesekali ajaklah mamah, papah, atau saudaramu untuk mengobrol.

Jika kamu tidak ingin berbicara dengan keluargamu maka ajaklah ngobrol temanmu melalui media internet. Bicarakanlah hal yang menyenangkan saat berkomunikasi, bangun kedekatan dengan orang lain agar kamu tidak merasa kesepian.

  1. Menyibukkan diri

Bagaimana cara menyibukkan diri jika tidak tahu apa yang harus dikerjakan ?, jangan khawatir banyak referensi di media sosial yang memberikan beberapa tips aktivitas untuk menyibukkan hari-harimu.

Setelah kamu mengatur pola hidupmu pada poin nomer 1 tadi, maka kamu tahu besaran waktu luang yang dapat kamu isi dengan aktivitas baru. Ingat, bukan berarti kamu suka nonton film maka selain kuliah daring aktivitasmu hanya akan menonton film saja. Aktivitas yang monoton juga dapat membuatmu jenuh dan stress.

Lakukan relaksasi, olahraga, hingga membaca buku walaupun itu bukan hal yang kamu suka jika kamu belum menemukan hobi baru untuk mengisi waktu luangmu.

  1. Istirahat yang cukup

Di tengah kesibukanmu yang telah kamu atur saat menjalani kuliah daring beserta aktivitas lainnya, perlu diingat jika istirahat itu perlu. Istirahat tidak hanya tidur saja, melakukan latihan pernapasan sederhana juga termasuk istirahat.

Jika kamu sudah merasa harimu sungguh berat maka menjauhlah sejenak, karena jika dipaksakan dapat membuatmu semakin stress. Dengan beristirahat sejenak setidaknya dapat membuatmu lebih baik dan lebih relaks.

Jadi mulai sekarang, kamu sudah mengetahui bagaimana cara menjaga kesehatan mentalmu. Pertanyaan untuk saat ini adalah kapan kamu akan mulai menerapkannya ?, cara-cara diatas tidaklah sulit untuk kamu praktekkan saat ini juga. Kamu hanya perlu menerapkannya secara bertahap seperti poin nomer 1 terlebih dahulu untuk minggu ini.

Jangan biarkan kesehatan mentalmu memburuk hanya karena perasaan jenuh dan bosan saat menjalani kuliah daring hingga mengakibatkan stress berkempanjangan. Tetap berpikir positif dan selalu bersyukur, jangan lupa untuk terus menerapkan protokol kesehatan dan jaga kesehatanmu baik fisik maupun mental.

Source :

https://kemlu.go.id/madrid/id/news/14339/pemberlakuan-pembatasan-kegiatan-masyarakat-ppkm-darurat-3-20-juli-2021

https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/12/perkuliahan-dapat-dilakukan-secara-tatap-muka-dan-dalam-jaringan-tahun-2021

https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5659806/simak-6-tips-menjaga-kesehatan-mental-saat-kuliah-online

Berita Terkait

Komentar

Leave a Comment :

Your email address will not be published.