Berita

PENTINGNYA TEAM WORK DI LINGKUNGAN TEKNIK INFORMATIKA UNPAS

Seorang dosen pernah mengatakan “Jika tidak bisa menjadi superman, jadilah super team”, hal itu senada dengan pepatah yang sering kita dengar “Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing”. Intinya mereflesikan suatu ‘Teamwork’ yang solid. Selain beban akan semakin ringan, hasil yang dicapai juga akan semakin optimal jika dilakukan bersama-sama. Dalam setiap aspek kehidupan, kita selalu dituntut untuk mampu bekerja dalam tim. Dalam keluarga, masyarakat, tak terkecuali lingkungan pendidikan.

Seorang tokoh bernama W. Edward Deming mengatakan, “Apa yang perlu kita lakukan adalah belajar untuk bekerja dalam sistem, dan menjadi berarti bagi setiap elemen, setiap tim, setiap platform, setiap divisi, setiap komponen yang bukan ada tidaknya keuntungan kompetitif individu atau pengakuan, tetapi untuk kontribusi terhadap sistem secara keseluruhan atas dasar menang-menang”. Dalam teamwork, kesatuan adalah hal yang tidak terpisahkan. Ibarat sapu lidi. Jika bersatu akan memberikan manfaat, tetapi jika dipisahkan, manfaatnya akan sirna. Ketika ada yang sakit maka spontanitas semua yang terlibat dalam teamwork juga akan merasakannya dan berusaha menyembuhkannya.

Begitupun di lingkungan Teknik Informatika UNPAS yang mempunyai motto : Smart, endurance, teamwork. Hal itu bukan bualan belaka, dimana sebagai mahasiswa, kita dituntut untuk bisa struggle ditempat yang kita pijak. Pintar saja tidak cukup tanpa dibarengi tahan banting dan teamwork. Kultur akademik yang begitu menempa mahasiswa selama kuliah akan terasa dikemudian hari. Pentingnya team work ini pun dikarenakan kerja sama tidak bisa dipisahkan di lingkungan kita saat kuliah maupun saat bekerja.

Dalam sebuah bisnis, kerjasama tim atau teamwork adalah salah satu hal yang sangat penting untuk berjalannya roda perusahaan. Ketika bekerja dalam sebuah tim, kita bekerja mengarah ke suatu tujuan, sehingga seluruh proses untuk mencapai tujuan menjadi lebih efisien, termasuk ketika ada masalah yang datang, akan ada banyak bantuan untuk memecahkan masalah. Mengiblat kepada hal itu, di Teknik Informatika UNPAS pun dilatih dengan kerjasama antar individu dalam prakteknya. Melalui tugas perkuliahan, organisasi, maupun aktivitas lain diluar kampus melatih mahasiswa untuk kerjasama.

Selain itu, kerjasama tim juga membuat pekerjaan menjadi lebih cepat selesai karena ada pembagian tanggung jawab kerja. Salah satu manfaat terbesar dari teamwork adalah inspirasi dan ide yang didapat dari hasil diskusi. Dalam lingkungan tim yang efektif, sesama anggota akan merasa yakin untuk menyatakan ide-idenya karena ada lebih banyak ruang untuk berkreativitas. Karena ketika bekerja sendiri, seseorang memiliki tanggung jawab langsung terhadap ide-idenya, namun, ketika melakukan kerjasama dengan tim, maka gagasan tentang ide-ide kreatif dan unik pun bermunculan. Selain itu, tim yang terdiri dari orang-orang dengan berbagai latar belakang dan pengalaman bisa menciptakan solusi yang optimal.

Kerja sama tim yang terdiri dari orang-orang dengan berbagai latar belakang dan pengalaman membuat proyek yang dikerjakan berfungsi juga sebagai kesempatan untuk mengembangkan profesi dan pengetahuan. Anggota tim bisa belajar dari pengetahuan orang lain yang kemudian bisa menambah keterampilan dan kemampuan untuk diri sendiri. Selain itu, anggota yang  pengetahuannya meningkat ternyata memiliki tingkat kepercayaan diri yang lebih baik yang juga dapat membantu meningkatkan sikap dan kepuasan kerjanya. Jadi hal ini tidak hanya menguntungkan bagi pihak tim tetapi mahasiswa itu sendiri.

Komunikasi menjadi kunci keberhasilan untuk banyak proyek/tugas yang dikerjakan karena bekerja secara teamwork membantu meningkatkan keterampilan komunikasi. Tim yang melakukan pertemuan untuk mendiskusikan ide-ide atau mengkolaborasikan informasi yang berkontribusi pada proyek memerlukan keterampilan komunikasi lisan dan tertulis. Selain itu, pertemuan juga memfasilitasi diskusi terbuka yang memungkinkan setiap anggota tim memiliki informasi yang cukup tentang suatu proyek. Pada skenario yang baik, tentu beban kerja harus dibagi rata dan didistribusikan berdasarkan kekuatan masing-masing anggota. Kerja sama juga memungkinkan sesama anggota saling membantu, terutama jika anggota lainnya sudah menyelesaikan tugasnya lebih cepat.

Keberhasilan proyek karena anggota tim bisa mendapatkan arahan atau dukungan satu sama lain agar tetap fokus pada tujuan utama. Jika sebuah tantangan ditangani secara perseorangan, maka berisiko mengalami keputusasaan. Sebuah dukungan dan rasa saling memiliki dalam sebuah lingkungan kerja dapat berkontribusi untuk meningkatkan kepuasan dalam bekerja. Setiap anggota tim akan saling membantu, mengandalkan satu sama lain, dan membangun kepercayaan di dalam kelompok tersebut. Pada masa-masa sulit, dukungan menjadi salah satu hal krusial untuk mendapatkan kesuksesan suatu proyek. Ketika setiap anggota mampu memberikan dan mendapatkan dukungan satu sama lain, maka kelompok tersebut akhirnya mencapai tujuan dari proyek yang sedang dikerjakan. Jika masa-masa sulit tersebut diselesaikan sendiri, Anda akan kewalahan dan berisiko membuat keputusan yang tergesa-gesa dan tidak masuk akal.

Dikarenakan teamwork adalah satu kesatuan yang tidak terpisah maka setiap orang yang berada dalam teamwork memiliki fungsi dan peranan yang sangat vital dan penting. Tidak ada satu hal pun yang logis dikatakan bahwa si A, B atau C lebih penting / vital peranannya jika dibandingkan dengan si D, E atau F. Didasarkan oleh kondisi ini maka siapapun yang terlibat dalam Team Work harus saling menghormati, menghargai dan tidak ada yang merasa unggul atau superioritas didalamnya.

Teamwork tidak membutuhkan ego yang tinggi, yang penting adalah semangat kebersamaan dalam melaksanakan pekerjaan. Bagaimana meleburkan sifat arogansi masing-masing, prioritaskan mana yang lebih membutuhkan, kepentingan pribadi atau kepentingan bersama. Boleh mempertajam diri sendiri, namun jangan sekali-kali lupa bahwa di bawah kita adalah masih menjadi tanggung jawab sebuah tim. Baik buruknya sebuah tim atau kelompok adalah cerminan dari sikap dan pribadi kita. So, selamat berproses untuk menjadi yang lebih baik di Teknik Informatika UNPAS.

Berita Terkait

Komentar

Leave a Comment :

Your email address will not be published. Required fields are marked *