Berita

PKKMB Teknik Informatika UNPAS 2019

Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru atau di singkat PKKMB ini adalah program kerja Himpunan yang akan selalu di jalankan tiap tahunnya dan acara PKKMB kali ini di beri nama dengan PKKMB Syntax, acara yang di laksanakan pada Sabtu,7 Sept 2019 ini bertempat di Aula Mandala Saba R. Otto Iskandar Dinata adalah PKKMB tingkat Jurusan yaitu jurusan Teknik Informatika yang di laksanakan setelah berlangsungnya PKKMB tingkat Universitas dan Fakultas bagi Universitas Pasundan (UNPAS).

Sekitar pukul 06.00 pagi panitia sudah ada di setiap jalan dari mulai bagian depan UNPAS Setiabudi sampai di depan Aula, hal itu di karenakan proses kedatangan Maba yang harus di pilah-pilah dahulu agar tidak tertukar dengan mahasiswa dari jurusan lain dan hal ini berjalan cukup lancar hingga pukul 07.00 dimana semua mahasiswa baru di kumpulkan di depan aula untuk absen kedatangan yang di lakukan oleh pembimbingnya masing-masing. Absen kedatangan sudah di lakukan dan Pembimbing pun mengarahkan anggota kelompoknya untuk sarapan dahulu di takutkan belum sarapan pagi sambil menunggu pembukaan acara PKKMB ini, tepat pukul 07.20 mahasiswa baru yang selesai sarapan di depan aula di bariskan dan di rapikan lalu di arahkan untuk masuk ke dalam Aula sesuai dengan kelompok dan pembimbingnya masing-masing.

Pukul 07.30 tepat Pembukaan acara pun di mulai, pembacaan ayat suci al qur’an membuat suasana pagi ini begitu tenang lalu menyanyikan lagi Indonesia Raya dan Sambutan-sambutan setelahnya yang dilakukan oleh ketua pelaksana, Ketua Himpunan Teknik Informatika, dan Ketua Prodi Teknik Informatika ini di akhiri dengan penyerahan plakat kepada setiap elemen penting yang hadir pada Acara ini Dan secara resmi PKKMB Teknik Informatika 2019 di buka dengan bunyi angklung dari setiap elemen penting yang hadir hari ini.

Garis besar materi-materi yang di sampaikan pada acara ini lebih ke ranah akademis di karenakan PKKMB ini sebagai gerbang awal bagi mahasiswa baru untuk lebih mengenal Jurusan yang dia pilih saat pendaftaran kemaren, dari mulai nama-nama dosen dan staf yang berada di prodi Teknik Informatika lalu pengenalan lingkungan Teknik informatika sendiri seperti ruangan yang sering di jadikan kelas oleh Prodi Teknik Informatika dan Lab-lab terkait untuk mendukung pembelajaran Teknik Informatika, adanya progam pertukaran pelajar yang di lakukan setiap tahunnya sebagai sarana yang di berikan kepada mahasiswa-mahasiswa yang lulus seleksi, Di lanjutkan dengan pengenalan Study Club yang ada di dalam Teknik Informatika seperti Impact, Microcontroller, CNRG, dan Multi mania.

Sebelum memasuki waktu Dzuhur tiba acara di lanjutkan dengan pengenalan singkat kelembagaan yang ada di Teknik Informatika yaitu Himpunan Teknik Informatika dimana Himpunan tersebut ada untuk membantu mahasiswa Teknik Informatika dari yang bersifat akademis maupun non akademis, jika mahasiswa ada masalah perihal nilai yang belum keluar maka Himpunan yang akan turun tangan untuk membantu mahasiswa, tapi jika mahasiswa mempunyai aspirasi seperti ingin diadakan lomba tenis meja maka himpunan yang akan mengurus itu. Seperti itulah gambaran seberapa pentingnya berkerja sama dengan Himpunan Teknik Informatika bagi mahasiswa Teknik Informatika.

Karena Waktu Dzuhur telah tiba maka mahasiswa melaksanakan ibadah sholat dzuhur terlebih dahulu dan bagi yang berhalangan dan non islam tetap berada di dalam Aula, Setelah ibadah sholat dzuhur selesai seluruh mahasiswa baru makan siang bersama sambil melihat penampilan hiburan dari panitia. Acara selanjutnya adalah acara yang paling tidak membosankan jika di bandingkan dengan acara-acara sebelumnya yaitu Game, Game berpikir yang cukup menarik ini di arahkan oleh MC dimana setiap kelompok di berikan soal teka-teki dimana mahasiswa baru harus memecahkan teka teki tersebut. Tidak hanya pemikiran dari mahasiswa baru sendiri pembimbingnya pun di wajibkan untuk membantu dan ikut berpikir di dalamnya dan saat itulah bagian menarikanya karena pusing bagaimana memecahkan teka-teki tersebut.

Sebelum PKKMB hari ini selesai acara di lanjutkan dengan diskusi singkat tentang sifat kepemimpinan dalam berorganisasi dan di akhiri dengan foto bersama antara panitia dengan mahasiswa baru. PKKMB hari ini hanya sekedar mengenalkan aspek-aspek apa saja yang ada di dalam Lingkungan Teknik Informatika UNPAS dari mulai akademis dan non akademis beserta faktor-faktor pendukungnya dengan harapan mahasiswa baru yang hadir hari ini dapat mengetahui dan dapat memaksimalkan ilmu yang mereka dapat hari ini, berbeda hal dengan mahasiswa baru yang tidak hadir di luar ada alasannya atau sekedar tidak ingin datang karena malas penulis rasa jika mahasiswa yang tidak hadir hari ini mereka akan sangat rugi karena tidak mendapatkan materi yang harusnya di terima pada masa PKKMB tersebut.

Berita Terkait

Komentar

Leave a Comment :

Your email address will not be published. Required fields are marked *