Berita

Seminar & Workshop I/O Extended Google

Sabtu, 27 Juli 2019 Universitas Pasundan(UNPAS) fakultas teknik terkhusus Teknik Informatika berkesempatan untuk mendampingi Google Developer Group(GDG) Bandung dalam menyelenggarakan Seminar & Workshop I/O Extended Google. Acara ini diselenggarakan di Mandala Saba R. Otto Iskandardinatta Aula Kampus IV UNPAS tersebut banyak membahas tentang teknologi yang menjadi sorotan pada perhelatan akbar tahunan Google I/O 2019 di amerika serikat.

Setelah Acara di buka oleh Dr. Ayi Purbasari, ST., MT selaku Ketua Prodi Teknik Informatika UNPAS, seminar & workshop pun dilanjutkan dengan pembahasan teknologi I/O. Berikut Teknologi yang di bahas pada hari itu :

  1. TensorFlow
  2. Kotlin 101
  3. Serverless CI/CD
  4. UI dan UX Design
  5. Python
  6. Docker
  7. Flutter
  8. Google Analytics
  9. js

 

Dari serangkaian teknologi yang di bahas diatas kebanyakan peserta sedikit mengalami masalah karena banyak dari teknologi tersebut yang dapat di katakan masih awam bagi peserta kebanyakan, namun dengan penyampaian pemateri yang mudah untuk di mengerti para peserta pun tidak terlalu kesulitan. Apalagi pembahasannya tidak sepenuhnya teori dan ada yang di selingi dengan praktek bahkan ada yang langsung praktek di awal pembahasan.

Salah seorang peserta yang sudah cukup handal di bidang bahasa pemrograman Kotlin pun juga menyatakan bahwa penyampaian materi tentang teknologi ini cenderung hanya seperti pengenalan dan salah seorang yang cukup awam menyatakan bahwa walaupun ada teknlogi yang baru saja saya dengar hari ini berkata kalau tidak sulit juga untuk menerima dan memahami materinya.

Tidak hanya berdiam diri di dalam Aula setelah Dzuhur para peserta pun di bagi menjadi 3 kelompok untuk menempati 3 tempat, tempat pertama di SB601(Lab IF UNPAS) untuk membahas Docker, tempat kedua di SB602(Lab IF UNPAS) untuk membahas Flutter, dan yang satunya lagi ditempatkan di aula untuk membahasas Python. Jika di lihat dari minat maka Flutter menjadi yang paling diminati saat itu. Salah satu Mobile UI Framework ini banyak di buru oleh peserta yang datang saat itu sampai memenuhi ruang SB602.

Setelah memasuki waktu ashar para peserta pun di arahkan kembali ke aula terlebih dahulu untuk beristirahat dan ada yang sholat ashar terlebih dahulu, acara di mulai kembali pukul 3 lebih 45 dan pembahasan pun di buka kembali dengan teknologi Google analytics, penggunaan Google Analytics sangatlah penting dalam memantau bagaimana perkembangan banyak hal, jika anda seorang developer mobile android maka google analytics dapat memantau seberapa besar minat orang-orang di bidang tersebut dll apalagi di era Industri 4.0 ini, banyak teknologi-teknologi yang di bahas hari ini di arahkan ke Industri 4.0.

Berita Terkait

Komentar

Leave a Comment :

Your email address will not be published. Required fields are marked *