Notice: Only variables should be passed by reference in /home3/userifbiasa/public_html/wp-content/themes/themes-if/plugins/option-tree/ot-loader.php on line 329
Teknik Informatika UNPAS

Berita

Talkshow Series Teknik Informatika UNPAS “Cyber Security In Your Life”

Episode ke dua talkshow series Teknik Informatika UNPAS bertemekan “Cyber Security In Your Life”. Narasumber kali ini ialah Bapak Doddy Ferdiansyah, ST., MT yang merupakan seorang dosen sekaligus alumni di Teknik Informatika UNPAS. Selain itu juga talkshow kali ini menghadirkan alumni angkatan 2014 kang Syaeful Abdul Hamid yang merupakan ketua riset grup Teknik Informatika UNPAS yaitu Computer Network Riset Grup atau biasa disebut CNRG. Selain itu, kang Syaeful ini merupakan 100 terbaik “Born to Protect Kominfo 2017”.

CNRG sendiri adalah sebuah wadah untuk para mahasiswa yang gemar mengulik mengenai jaringan computer, sesuai dengan namanya. Selain itu riset grup CNRG pun sering mengadakan event, seperti talkshow, seminar, workshop dan masih banyak lagi. Belajar bersama dan mengulik bersama pun sudah menjadi kegiatan yang seru di riset grup CNRG ini. Saat ini tentunya kita tidak bisa lepas dari teknologi. Oleh karena itu kejahatan di dalam bidang IT menjadi hal yang menyeramkan dan juga sering ditemui. Dimulai dari pesan-pesan sampah yang mengiming-imingi hadiah, social media dihack, keamanan data, hoaks sampai pencurian identitas. “Cyber security tidak akan ada jika tidak adanya cyber crime.” Ujar pak Doddy. Cyber crime ini ialah kejahatan-kejahatan di dunia teknologi, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Karena maraknya cyber crime tersebut, tentu harus ada kesadaran dari pengguna untuk meningkatkan kewaspadaan. Sebagai pengguna minimal kita memiliki ilmu security. Missal pada tingkatan security yang diujarkan pak Doddy ialah :

1. Personality security
2. Computer security
3. Internet security (Harus sadar penggunaan password yang rumit ialah demi keamanan, jangan menggunakan password yang kombinasinya mudah diingat dan penggunaan internet itu sendiri)
4. Mobile security

Memang semakin aman penggunaan teknologi akan menjadi semakin tidak nyaman, contohnya pengaman berlapis pada handphone. Namun tidak nyaman tersebut harus ditempuh demi keamanan data-data yang dimiliki. Sedangkan kang Syaeful menjelaskan bahwa terkadang Cyber Crime terjadi karena diri kita sendiri. Contohnya saat sedang mengunduh sebuah aplikasi/game untuk menge-cheat. Bahkan terkadang kita sudah paham, ataupun pernah mendengar bahwa tindakan tersebut bisa membahayakan, namun kita tetap melakukannya karena demi kesenangan. Padahal cyber crime adalah salah satu hal yang paling menyeramkan, karena semua data penting akan bisa terlihat, seperti pin atm dan lain-lain yang tentunya akan merugikan diri sendiri. Pentingnya cyber security sama dengan pentingnya menjaga kehidupan. Dikarenakan zaman yang memang sekarang ini tidak bisa lepas dari teknologi.

Berita Terkait

Komentar

Leave a Comment :

Your email address will not be published. Required fields are marked *