Berita

TIF Unpas Host Seminar dan Musyawarah Provinsi APTIKOM Jawa Barat ke-2

TIF Unpas Host Seminar dan Musyawarah Provinsi APTIKOM Jawa Barat ke-2

Oleh Caca E Supriana, S. Si., MT.

Hari Sabtu tanggal 03-03-2018, diselenggarakan Seminar dan Musyawarah Provinsi APTIKOM Jawa Barat ke 2 di kampus Fakultas Teknik Universitas Pasundan Bandung. Apa itu APTIKOM ? Pembentukan APTIKOM bermula pada tahun 1983, yaitu ketika 8 perguruan tinggi penggagas pendirian program studi informatika dan komputer membentuk sebuah forum yang diberi nama Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Sejenis Ilmu Komputer (BKS PERTINIS I-K). Sejalan dengan berkembangnya ilmu komputer dan informatika ini, anggota BKS PERTINIS I-K menjadi 78 anggota pada tahun 1987. Puncaknya adalah pada tahun 1996, ketika BKS PERTINIS I-K berubah nama menjadi PERTIKOM (Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer), dengan jumlah anggota lebih dari 250 program studi dari seluruh wilayah tanah air. Sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan jaman, maka pada Munas 2002 di kota Malang, diusulkanlah perubahan bentuk organisasi dari PERTIKOM menjadi APTIKOM, yang merupakan singkatan dari Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer, dengan jumlah anggota lebih dari 725 program studi.

Nah acara hari Sabtu ini adalah Seminar dengan judul “Mengawal Pendidikan TIK di Jawa Barat pada Era Revolusi Industri 4.0” dan Laporan Pertanggung Jawaban Pengurus APTIKOM Jawa Barat periode 2014 – 2017 yang dilanjutkan dengan Pemilihan Ketua APTIKOM Jawa Barat periode 2018 – 2021. Acara dimulai jam 09.00, setelah para peserta melakukan registrasi ulang sejak jam 08.00 dengan do’a, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars APTIKOM, sambutan dari Bpk. Tirta Mulia, ST., MT., selaku Ketua Musyawarah Provinsi APTIKOM Jawa Barat ke-2, sambutan tuan rumah penyelenggara Ibu Dr. Ayi Purbasari, ST., MT (KaProdi TIF Unpas) dan sambutan dari Rektor Unpas, Bpk. Prof. Dr. Ir. Eddy Jusuf Sp., M.Si., M.Kom. selaku Ketua APTIKOM Jawa Barat. Acara selanjutnya adalah wejangan dari Penasehat APTIKOM Provinsi Jawa Barat Bpk. Prof. Iping Supriana Suwardi, Ir., DEA, Dr. Ing. yang menyampaikan tantangan serta perkembangan teknologi informasi yang sedemikian cepat, bagaimana menyikapinya, bagaimana dunia pendidikan (informatika dan komputer) dapat merancang pendidikan untuk menghadapi tantangan tersebut.

Acara seminar yang dipandu oleh Bpk. Solikin S.Si., MT. menghadirkan dua panelis, yang pertama adalah Bpk. Prof. Dr. Ir. Richardus Eko Indrajit, M. Phil (Dewan Pembina APTIKOM Pusat) yang menyampaikan materi mengenai Revolusi Industri 4.0. Materi ini mengenai perubahan dunia yang tengah memasuki era revolusi industri 4.0 dimana teknologi informasi telah menjadi basis dalam kehidupan manusia. Segala hal menjadi tanpa batas (borderless) dengan penggunaan daya komputasi dan data yang tidak terbatas (unlimited), karena dipengaruhi oleh perkembangan internet dan teknologi digital yang masif sebagai tulang punggung pergerakan dan konektivitas manusia dan mesin. Era ini juga akan mendisrupsi berbagai aktivitas manusia, termasuk di dalamnya bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) serta pendidikan tinggi. Beliau pun menyampaikan mengenai ‘emerging technology’ yang wajib dikuasai oleh profesional bidang teknologi informasi yaitu mobile computing, social media, cloud computing, internet of things, big data, machine learning, cyber security dan block chain. Panelis selanjutnya adalah Ibu Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, MP. (Direktur Pembelajaran Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset,Teknologi dan Perguruan Tinggi.) yang menyampaikan materi mengenai “Tantangan Pembangunan SDM Indonesia”. Banyak hal yang disampaikan beliau mulai dari SDM Indonesia yang kalah bersaing, 40 % mahasiswa Indonesia yang merasa salah mengambil jurusan, jumlah pengangguran (terutama lulusan SMA) yang semakin tinggi sampai dengan peningkatan literasi SDM (data, teknologi dan manusia) untuk peningkatan kualitas, soft skills dan rencana serta usaha pemerintah untuk menanggulangi masalah tersebut.

Acara dilanjutkan dengan Laporan Kegiatan Pengurus APTIKOM Provinsi Jawa Barat periode 2014-2017, pembagian Komisi Pembahasan dan kegiatan pembahasan Laporan Kegiatan Pengurus APTIKOM Provinsi Jawa Barat yang dilanjutkan dengan Sidang Pleno dan Pemilihan Ketua APTIKOM Jawa Barat periode 2018-2021. Terpilih kembali untuk masa jabatan yang ke 2 yaitu Bpk. Prof. Dr. Ir. Eddy Jusuf Sp., M.Si., M.Kom. selamat kepada Bpk. Eddy Jusuf, terima kasih kepada pengurus lama, terima kasih untuk panitia dari Prodi TIF Unpas, beserta dosen dan mahasiswa yang membantu mensukseskan acara ini … terima kasih juga untuk partisipasi anggota APTIKOM Jawa Barat .. hatur nuhun !

Foto oleh : Caca E Supriana & Doody Ferdiansyah
Sumber : http://caca-e-supriana.blogspot.co.id/2018/03/seminar-dan-musyawarah-provinsi-aptikom.html

Berita Terkait

Komentar

Leave a Comment :

Your email address will not be published.