Berita

Pantaskan Diri Melalui Indonesia Android Kejar

Pantaskan Diri Melalui Indonesia Android Kejar

Oleh Hanifa Nurcahya

Android merupakan salah satu Sistem Operasi gadget yang paling disukai di Indonesia saat ini. Persentase dari International Data Corporation (IDC) menunjukkan bahwa Android memiliki 82,8 persen pangsa pasar di seluruh dunia. Melejitnya pengguna android ini membuat para developer terus berusaha meningkatkan kemampuannya dalam mengembangkan android.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan kemampuan dibidang tersebut. Mengikuti pelatihan untuk menambah pengetahuan dan skill programming. Salah satunya melalui Indonesia Android Keja, yaitu program yang diinisiasi oleh Google Developers untuk mengasah kemampuan developer Indonesia dalam mengembangkan aplikasi mobile. Program berbasis komunitas ini menggunakan materi online dari Udacity yang dipadukan dengan kelompok belajar secara offline (study group) untuk mendukung developer Indonesia dalam mengembangkan aplikasi mobile. Indonesia Android Kejar memfasilitasi pembahasan materi di level Beginner, Intermediate, dan Advance.

Misi Indonesia Android Kejar adalah membantu developers Indonesia untuk tumbuh dan terus menciptakan aplikasi berkualitas dan bermanfaat bukan hanya bagi Indonesia tapi juga bagi global. Program ini menyediakan pengalaman pembelajaran online melalui Udacity dan pembelajaran offline bersama anggota komunitas sehingga memberikan pemahaman yang lebih mendalam di ekosistem yang menyenangkan dan kolaboratif.

Banyak hal yang didapat dari program Indonesia Android Kejar ini, diantaranya : Memperkaya kemampuan pemrograman Android langsung bersama fasilitator dengan modul kursus online Udacity, Terhubung dengan para developer di komunitas, Kesempatan mendapatkan swag eksklusif dari Google, dan Kesempatan mendapatkan sertifikat dari Indonesia Android Kejar.

Untuk mengikuti Indonesia Android Kejar caranya mudah, Pelajari kursus online di Udacity, yakni dengan menonton dan mencatat hal penting dari video pemaparan materi yang dibawakan oleh fasilitator. Kemudian mengikuti study group, diskusikan tantangan yang kamu hadapi bersama fasilitator dan teman satu study group. Tidak cuma dapat ilmu, kamu juga dapat teman baru. Dan Kerjakan final project, Terapkan ilmu yang kamu pelajari dari IAK menjadi sebuah aplikasi Android yang dapat kamu banggakan untuk kemudian mendapat Awarding diakhir.

Robby Hermansyah, salah satu mahasiswa Teknik Informatika UNPAS sebagai fasilitator di Android Indonesia Kejar Batch 3 yang dilaksanakan pada tanggal 3-4 Februari 2018 ini mengaku sangat senang bisa berbagi dasar pemrograman android untuk orang banyak. Mulai dari siswa kelas 1 SMK sampai dengan dosen Teknik Sipil. “Itu menjadi semangat dan pengingat bahwa tidak ada batasan usia untuk kita belajar apapun” –tuturnya.

Menjadi seorang fasilitator pun ada tahapannya, ia harus mendaftar dan melalui seleksi oleh pihak Android Indonesia Kejar. Namun hal itu tidak menyurutkan semangat mahasiswa tingkat akhir ini. akhirnya ia bisa menjadi seorang fasilitator.

Peserta Android ini beragam, mulai dari daerah Bandung, Kabupaten Bandung, Cirebon, dan Banten. Mulai dari kalangan pelajar dan mahasiswa, maupun dosen.

Bapak Didin Kusdian, Dosen teknik sipil di Universitas Sangga Buana yang mengikuti acara ini pun menuturkan; “Kebetulan di Teknik Sipil mempelajari Rekayasa transportasi, yaitu berhubungan dengan intellengence urban transport system, dan sekarang sudah berbentuk aplikasi di HP. Berkembangnya hubungan sosial, masyarakat, dan teknologi ini jadi terpicu. Mudah-mudahan dengan mempelajari teknologi ini saya bisa menerapkannya di bidang saya”

Ketika ditanya informasi seputar Android Indonesia Kejar, beliau mengaku tahu dari grup WA tempat kerjanya, dan tertarik, kebetulan sudah lama tidak memperbaharui pengetahuan, ujarnya.

Setelah 2 hari rangkaian acara tersebut, Fasilitator berharap ilmu yang didapat bisa bermanfaat dan dimanfaatkan sebagaimana mestinya. Selesainya acara Indonesia Android Kejar Batch ke-3 yang diadakan dikampus Universitas Pasundan ini, bukan akhir dari segalanya. Akan ada pelatihan-pelatihan Indonesia Android Kejar berikutnya dan study grup yang telah terbentuk pun masih aktif untuk peserta saling berdiskusi.

Kemajuan teknologi memudahkan manusia dalam melakukan pekerjaannya. Kemajuan itupun harus diimbangi dengan skill dan kapabilitas yang mumpuni agar tidak ketinggalan zaman. Oleh sebab itu, sebagai sumber daya manusia hendaknya kita memantaskan diri sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing untuk mencapai kemajuan bersama.

SALUT INFORMATIKA.

Berita Terkait

Komentar

Leave a Comment :

Your email address will not be published.