Notice: Only variables should be passed by reference in /home3/userifbiasa/public_html/wp-content/themes/themes-if/plugins/option-tree/ot-loader.php on line 329
Teknik Informatika UNPAS

Berita

Maksimalkan Penjualan dengan Internet Marketing

Ingin berjualan produk tapi bingung bagaimana cara memasarkannya itu wajar karena banyak orang yang punya produk bagus namun dia bingung bagaimana cara memasarkannya namun ada orang yang punya produk “tidak terlalu bagus” tapi dengan pemasaran yang bagus membuat produk tersebut lebih laku dan malah banyak di cari.

Saat kita tau bagaimana cara memasarkannya kita di bingungkan lagi dengan dimana memasarkannya dan saat kita tau dimana cara memasarkannya seperti di youtube, ig, facebook, dll kita di bingungkan lagi dengan pertanyaan bagaimana menarik calon konsumen minimal tertarik melihat postingan penjualan produk kita ,akhirnya kebanyakan dari penjual malah mempelajari cara memasarkannya di banding cara menjual produknya.

Untuk menjadi penjual yang handal tidaklah mudah, kita harus bersaing dengan penjual dengan produk yang sama dsb. Kunci orang yang berjualan adalah bagaimana cara menjual produk yang kita punya agar di beli orang dan anda sebagai penjual harus tahu betul tentang produk yang anda jual dan memasarkannya seolah-olah produk itu sudah menjadi kebutuhan yang wajib ada bagi calon konsumen anda dan salah satu cara memasarkan produk itu lewat internet bukan hanya cangkupan daerah yang lebih luas namun kita dapat membangun pondasi dagang yang lebih kuat disitu. berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan dalam memasarkan produk lewat internet atau bisa disebut juga internet marketing.

  • Riset Produk

Dalam Internet Marketing riset produk adalah kunci utamanya, seperti yang saya bilang tadi bahwa bagaimana orang akan beli produk yang kita jual kalau orang tidak mengenal produk kita, terlebih lagi jika kita sendiri tidak tau kemampuan dari produk kita sendiri maka riset produk itu penting karena kita akan mengupas tuntas soal produk yang akan kita jual.

Cara riset produk yang paling mudah adalah melihat di Marketplace besar di Indonesia mana saja produk yang menjadi best sellernya. Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk riset produk adalah menggunakan Google Trends.

Tutorial penggunaan Google Trends dapat anda cari di internet, dengan Google Trends anda dapat mengetahui produk apa yang sedang trend sekarang dan dapat melihat kestabilan produk tersebut dari bulan ke bulan karena di Google trend terdapat grafiknya dan anda juga dapat mengecek produk yang nantinya akan anda jual apakah grafiknya bagus atau jelek dsbnya.

  • Riset Persaingan

Setelah mendapatkan produk yang ingin di jual atau sudah mempunyai produk yang ingin di jual maka lihatlah persaingannya untuk mengetahui siapa yang menjadi saingan anda nanti. saat produk kita sudah kuat maka tinggal di adukan saja dengan produk orang lain, coba tanyakan pada diri anda sendiri dengan pertanyaan “apa keuntungan saya membeli di tempat anda di banding tempat yang lain ?” ,pertanyaan tersebut termasuk hal yang mendukung cara memaksimalkan penjualan juga. Dengan produk yang sama kenapa saingan anda lebih laku nah berarti ada yang menjadi nilai lebih jika beli produk di tempat saingan anda, saya pernah di nasehati dosen saya bahwa dalam berjualan jika tidak tau konsep penjualan seperti apa yang harus diterapkan agar produk selalu terjual yaitu dengan 2 cara :

  1. Amati, Tiru, Sama Persis

Dengan produk yang sama kita tiru saja konsep penjualan yang digunakan oleh pesaing, pakai diskon, pakai bonus dsb. agar bisnis anda berjalan dulu dan ada yang membeli.

  • Amati, Tiru, Kembangkan

Jika anda sudah tau konsep mana yang harus anda gunakan atau anda meniru konsep penjualan saingan anda maka kembangkanlah agar terlihat berbeda dan menjadi nilai lebih bagi anda.

                        dengan mengetahui pesaing anda dapat membantu mengembangkan penjualan anda sehingga dapat mendatangkan keuntungan yang besar.

  • Marketing

Langkah terakhir dalam Internet Marketing adalah Marketing itu sendiri, Media yang digunakan dalam Internet Marketing ada banyak dapat melalui iklan di ADFly, dengan Facebook Marketing, Youtube Marketing, Instagram, dll.

            Banyak media yang mendukung Internet Marketing dan dapat di katakan semua Media Online dapat digunakan untuk mempromosikan produk anda, namun disini sesuaikan Produk anda dengan media yang akan di gunakan. Jika anda berjualan Baju maka Facebook, Instagram, Website masih memungkinkan untuk mempromosikan produk anda.

            Jika anda sudah mengetahui Media mana yang akan anda gunakan maka maksimalkan produk anda disitu, deskripsikan hasil riset produk anda ke dalam media tersebut agar calon konsumen anda tahu tentang produk apa yang akan anda jual.

Demikianlah pembahasan tentang Langkah Menjual produk dengan Internet Marketing, bagi anda yang masih pemula dalam berjualan online maka 3 langkah di atas dapat anda kuasai dengan mudah dan cepat namun yang paling penting adalah tetap evaluasi semua langkah yang telah anda ambil dalam penjualan produk anda.

Source :

https://www.jurnal.id/id/blog/2018-tips-belajar-internet-marketing-dasar-step-by-step-untuk-pemula/

Berita Terkait

Komentar

Leave a Comment :

Your email address will not be published. Required fields are marked *