Notice: Only variables should be passed by reference in /home3/userifbiasa/public_html/wp-content/themes/themes-if/plugins/option-tree/ot-loader.php on line 329
Teknik Informatika UNPAS

Berita

5 Framework PHP terbaik yang harus kamu tau

PHP termasuk bahasa pemrograman yang masih sangat populer di tahun 2019 ini dan salah satu yang membuat PHP makin di gemari adalah banyaknya Framework atau kerangka kerja yang mendukung untuk memaksimalkan kinerjanya. Di dalam pengembangan aplikasi web penggunaan PHP dapat membuatnya menjadi lebih stabil dan cepat, jadi developer dan programmer tidak perlu melakukan coding yang di ulang-ulang.

            Selain cepat dan stabil Framework PHP pun telah banyak di gandrungi oleh banyak developer dan programmer yang memudahkan anda dalam mempelajarinya dan Framework yang anda pilih pun cenderung memiliki tutorial pada Frameworknya, terdapat banyak Framework yang sudah di kembangkan hingga sekarang dan daftar di bawah ini akan mengarahkan anda dalam memilih Framework yang sesuai dengan kebutuhan anda dalam membangun dan mengembangkan sebuah web.

  • Laravel

Laravel adalah PHP Framework yang pertama kali dirilis pada tahun 2011, Taylor Otwell bekerja keras untuk membangun Laravel menjadi semakin mudah dan nyaman untuk di gunakan oleh web developer, laravel memiliki dokumentasi yang sangat bagus dan jelas untuk mempermudah web developer dalam membangun aplikasi web.

Selain dokumentasi yang bagus dan jelas Laravel pun memiliki banyak fitur yang dapat membantu developer untuk membuat aplikasi lebih cepat. Laravel juga memiliki mesin templating ringan yang di beri nama “Blade”. Laravel juga telah menyediakan fungsi otentikasi user, manajemen sesi, dan caching.

Keunggulan :

  1. Memiliki syntax yang mudah dipahami dan dipelajari.
  2. Fungsionalitas intinya dapat dikembangkan dengan menggunakan add-ons.
  3. Menyediakan fungsi bawaan untuk mengelola routing, manajemen user, caching, dan lain sebagainya.
  4. Terintegrasi dengan library dan platform pihak ketiga, seperti AWS.
  5. Menjalankan task secara asynchronously di background untuk meningkatkan performa.

Sebagai pertimbangan juga Laravel memiliki komunitas yang sangat aktif dan komunitas ini siap membantu setiap usernya dalam membantu user laravel yang kesulitan dan ada juga yang memberikan tutorialnya.

  • CodeIgniter

CodeIgniter dikenal dengan kemudahan dalam penggunaannya, kinerja yang baik, dan kecepatannya. CodeIgniter juga memiliki library yang berisi forum, user guide, dan halaman wiki sebagai support CodeIgniter yang dapat digunakan oleh user pemula.

CodeIgniter menggunakan arsitektur MVC (Model View Controller) dimana komponen-komponennya di bagi-bagi sesuai dengan kegunaannya yang lebih spesifik. Metode ini lebih disukai oleh para developer karena bisa membuat serta mengembangkan aplikasi web yang mudah di skalakan tanpa menyita banyak ruang.

            Keunggulan :

  1. Mudah, kinerja yang baik, cepat
  2. Membuat aplikasi yang mudah di skalakan dengan menggunakan arsitektur berbasi MVC
  3. Lebih stabil
  • Symfony

Symfony adalah Fullstack web Framework yang menyediakan berbagai teknologi yang mempermudah pembuatan aplikasi web, Laravel pun menggunakan beberapa komponen Symfony untuk menjadi pijakannya. Web Framework yang satu ini memiliki Debugger yang sangat keren dan enak untuk digunakan. Symfony sangat fleksibel karena di dalamnya terdapat sistem bundle dan sistem komponen yang memudahkan anda dalam memilih fungsi PHP sesuai dengan keinginan atau menggunakan keseluruhan framework. Framework pun menawarkan fungsionalitas testing bawaan untuk mengecek apakah aplikasi yang berjalan normal atau jika terdapat error.

Walaupun Framework ini tidak memiliki peforma yang baik dan dokumentasinya yang juga sulit untuk di pahami jika di sandingkan dengan Framework lainnya namun soal modularitas symfony adalah opsi terkuat.

            Keunggulan :

  1. Sangat Fleksibel
  2. Fungsionalitas testing bawaan
  3. Memiliki Informasi bantuan dan tutorial yang dapat di andalkan
  • Yii

Yii memiliki tagline “The Fast, Secure, adn Professional PHP Framework”. alasannya karena Yii memiliki dokumentasi bagus dan dukungan komunitas yang kuat. Yii memiliki fitur intinya adalah sistem widget, filter, RBAC, dan Component yang membuat Yii lebih enak untuk membangun aplikasi web, soal keamanan Yii dapat di bilang dapat membuat web yang anda bangun dengan standar keamanan yang tinggi.

            Keunggulan :

  1. Kecepatan dan peforma yang baik dan dapat diandalkan
  2. Kemudahan dalam melakukan setup dan kustomisasi sesuai kebutuhan
  3. Standar keamanan yang tinggi

walaupun Yii tidak mudah dipelajari dan di pahami oleh para developer pemula namun Yii termasuk framework PHP terbaik

  • Zend Framework

Zend Framework banyak di gunakan di kalangan enterprise karena memiliki support langsung dari pengembangnya karena memiliki support langsung dari pengembangnya jika di bandingkan dengan framework lainnya. Framework yang berbasis komponen ini merupakan framework yang berorientasi pada objek dan berbasi MVC sehingga dapat meload komponen yang di inginkan sebagai library individual. Zend memudahkan para developer agar dapat fokus hanya pada komponen yang di butuhkan dan tidka perlu menyertakan yang lain.

Keuntungan inilah yang merupakan nilai lebih bagi zend framework selain itu Zend menyediakan sertifikasi resmi bagi developer yang ingin menjadi profesional Zend Framework

            Keunggulan :

  1. Berointasi pada Objek serta berarsitektur MVC
  2. Berkat design platformnya kode yang telah ditulis dapat digunakan kembali
  3. kemudahan dalam integrasi dengan library eksternal
  4. Tidak perlu memasukkan banyak komponen, cukup komponen yang di butuhkan saja

5 daftar Framework diatas adalah framework yang saat ini kepopulerannya sangat tinggi dan untuk pertimbangan para developer juga dalam memilih framework sesuai dengan kebutuhan anda, semua framework saya rasa semuanya powerfull tergantung pada kebutuhan yang anda tempatkan di dalamnya. Mungkin itu saja rangkuman tentang 5 Framework PHP yang paling populer saat ini.

Source :

https://www.dewaweb.com/blog/framework-php/

https://www.codepolitan.com/11-php-framework-yang-mesti-kamu-tahu

Berita Terkait

Komentar

Leave a Comment :

Your email address will not be published. Required fields are marked *