Berita

Workshop RPS (Rencana Pembelajaran Semester) Prodi Teknik Informatika

Pada tanggal 18 Juli 2017 jam 09.30-12.30, telah diselenggarakan workshop mengenai penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dengan nara sumber Ibu Nia Nurdiani dari FKIP Unpas. Pertemuan ini diikuti oleh hampir seluruh dosen tetap Prodi Teknik Informatika Universitas Pasundan. Workshop dibuka oleh Ketua Prodi TIF Ibu Ayi Purbasari dilanjutkan dengan pemaparan penyusunan RPS, penyampaian contoh penulisan, diskusi dengan dosen serta pembahasan kasus-kasus yang terjadi, baik dalam penyusunan RPS serta pelaksanaan dalam proses perkuliahan. Berikut adalah beberapa bahasan yang penting dan menarik dalam workshop tersebut :

  1. Pentingnya penentuan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dalam RPS yang ditentukan oleh pihak Prodi untuk menghasilkan lulusan yang diinginkan serta sesuai KKNI.
  2. Pentingnya penentuan Keterampilan Umum dalam RPS yang bersumber pada SN DIKTI, penentuan keterampilan umum ini disesuaikan dengan mata kuliah dan pre atau post requisite mata kuliah jadi tidak perlu semuanya, hanya keterampilan umum tertentu saja.
  3. Kemampuan akhir yang diharapkan dalam setiap mata kuliah mengacu pada Kata Kerja Operasional dalam Teori Bloom, khususnya di level ranah kognitif yang disesuaikan dengan lulusan yang dikehendaki, khususnya mahasiswa Strata-1.
  4. Bahan kajian mengacu pada kemampuan akhir, sehingga persentase penilaian (indikator, kriteria serta bobot) disesuaikan dengan pentingnya kemampuan akhir yang diharapkan.
  5. Pengalaman belajar mahasiswa mengacu pada bahan kajian dan metode pembelajaran dengan menggunakan turunan dari kata kerja operasional per level dalam ranah kognitif per level yang ingin dicapai.
  6. Metode pembelajaran adalah teknik mengajar yang digunakan oleh dosen dalam proses perkuliahan (contextual instructions, group discussion, dll.) bersifat dinamis. Dosen dapat mengubah teknik pengajaran disesuaikan dengan kondisi kelas dan kemampuan mahasiswa.
  7. Metode pembelajaran agar mencantumkan praktikum yang dilaksanakan mahasiswa (misal di laboratorium komputer), yang bersifat in-line dengan materi kuliah serta masuk dalam penilaian akhir mata kuliah tersebut.
  8. Referensi yang digunakan dalam RPS sebaiknya yang terbaru atau berumur tidak lebih dari 10 tahun sejak dipublikasikan.
//Ditulis Oleh : Caca E. Supriana, S.Si., MT. (Dosen Teknik Informatika UNPAS):;
Foto Doc Pribadi Caca E Supriana.

Berita Terkait

Komentar

Leave a Comment :

Your email address will not be published. Required fields are marked *