Berita

Kuliah Sambil Bekerja, Kenapa Tidak? Berikut Pekerjaan yang Bisa Kamu Pilih Selagi Menjadi Mahasiswa Informatika.

Prioritas utama menjadi seorang mahasiswa adalah berkuliah, namun tak jarang sebagian dari mereka yang menjalani peran ganda, yakni sebagai pekerja. Kuliah sambil bekerja memang punya tantangan tersendiri, namun hal ini kerap menjadi pilihan sebagian mahasiswa untuk mengisi waktu luang maupun mencari penghasilan tambahan.  Meski harus menanggung beban lebih, ternyata banyak juga mahasiswa yang bisa juggling menyeimbangkan antara keduanya. Di era digital ini tidak sulit rasanya mencari pekerjaan sesuai bidang keilmuan, maupun sesuai passion kita. Berikut ini beberapa pekerjaan yang bisa kamu pilih selagi menjadi mahasiswa Informatika.

  1. Desainer

Bagi yang menyukai dunia desain atau yang berhubungan dengan visual, kamu bisa bekerja paruh waktu dengan memanfaatkan tools yang sudah dipelajari selama kuliah dengan membuka jasa desain. Karena tidak semua mahasiswa Informatika menyukai dunia ini, maka peluang kamu lebih besar karena tidak harus bersaing ketat dengan rekan sejawat. Mulai dari membuat jasa kecil-kecilan seperti desain logo, CV, Kartu nama, ataupun bekerja secara lepas dengan beberapa software development sebagau UI/UX. Dan pekerjaan ini pun bisa kamu tekuni selagi menjadi mahasiswa Informatika. Hal ini bisa membuat kamu percaya diri saat lulus kuliah karena sudah memiliki modal keahlian yang tertera di portofolio.

  1. Youtuber

Di zaman sekarang, youtube hampir setara dengan televisi di zaman dahulu, segala informasi bisa kita dapatkan di youtube. Hal ini membuat sebagian masyarakat berbondong-bondong menyajikan informasi semenarik mungkin untuk mendapatkan subscriber dan royalti yang lumayan. Hal ini mengharuskan setiap youtuber mengasah kreativitasnya agar menarik penonton dan tidak tersaingi yang lain. Sebagai mahasiswa Informatika, kamu juga bisa menjadi seorang youtuber dengan menyajikan konten-konten informatif maupun inspiratif. So, tunjukan kreativitas dan kemampuanmu depan kamera ya!

  1. Freelance Programmer

Sebagai mahasiswa pasti ada banyak ilmu yang didapat di kelas. Segala teori dan praktek yang ditelan menjadikan kita faham terhadap suatu kasus serta bagaimana pemecahan masalahnya. Menjadi freelance programmer tidak menitik beratkan kerja dengan waktu default seperti pada umumnya yang harus stay dikantor 8 jam setiap harinya. Dengan menandatangani kontrak sebuah project dari perusahaan software development, kamu bisa mengeksekusi project tersebut dimana saja, di kosan, di kafe, maupun dikampus kamu bisa mengimplementasikan ilmu yang telah didapat. Karena jika ilmu dibiarkan saja, sampai kapan akan mengandap dalam otak, padahal masyarakat menunggu kontribusimu.

  1. Tutor atau Guru Les

Menjadi guru adalah sebuah kebanggaan, terlebih jika ilmu yang disampaikan menjadi manfaat bagi masyarakat luas. Sebagai mahasiswa Informatika, selain jadi programmer, kamu juga bisa menjadi guru / tutor programming. Terlebih dunia ini membutuhkan banyak sumber daya manusia yang mumpuni dibidang IT, jadi sudah tidak diragukan lagi pasarnya.

  1. Blogger atau Penulis Lepas

Pada kenyataannya masyarakat millenial ini lebih mencari informasi melalui gawai dalam genggam tangannya. Seorang penyaji informasi sekarang ini tidak terbatas oleh suatu keilmuan saja, bagi yang merasa memiliki informasi yang kredibilitasnya bisa dipertimbangkan bukan tidak mungkin itu bisa diakses siapa saja. Banyak media hari ini yang membolehkan siapa saja jadi peyaji informasi atau bisa disebut penulis lepasan. Dengan berbagi informasi, tulisanmu bisa dinikmati siapa saja

Selain penulis lepas, blogger juga bisa disebut pekerjaan yang memungkin kita mahasiswa informatika turut andil didalamnya. Terlebih di Teknik Informatika UNPAS ini diajarkan pada mata kuliah Internet Marketing bagaimana menaikan optimasi blog, serta pengimplementasian Search engine optimization pada blog atau website kita. Dengan menulis konten yang informatif, blog kita akan diakses siapa saja dan tentunya ada keuntungan materi jika viewersnya mencapai ribuan.

Menjadi mahasiswa tidak melulu soal belajar dan belajar, tapi juga mencari pengalaman sebanyak-banyaknya. Banyak poin plus yang kamu dapat dengan bekerja sambil kuliah, salah satunya kamu tidak akan gamang ketika menginjak dunia kerja, menambah relasi dan tentunya mental kamu akan terbentuk sejak dini. So, jangan takut memilih bekerja sambil kuliah, selama itu bisa kamu jalankan keduanya, kenapa tidak?

Berita Terkait

Komentar

Leave a Comment :

Your email address will not be published.